REMAJA DAN GAME ONLINE
Kemajuan
teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game
online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di
depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game
online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan
lingkungannya.




Banyak game online yang isinya
tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak
pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di game-game yang beredar.
Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat
anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena
itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata.
Kesehatan
mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi
dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan
waktu untuk bermain game online.
Pendapat yang telah disajikan tersebut
mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh
berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui
penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat
diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika
mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan
yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja
kita.
Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game
online dapat
memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf
motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik
mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam
berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.




Kesehatan
mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat
diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa
itu hobi, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara
proporsional dan bertanggung jawab.
Secara
umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game
online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu
dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan
lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan
bertanggung jawab.
Untuk
itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban
belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan
internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran
hobi yang positif perlu terus didukung.
Diolah dari sumber:
http//www/danu-pungky-w.blog.ugm.ac.id
0 comments:
Post a Comment