Pages

Friday 2 October 2015

SOAL MIDSEMSETER GANJIL 2015/2016 KELAS IX

SOAL MIDSEMESTER GANJIL
KELAS IX
2015/2016

1.      Pernyataan yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A.    merupakan teks cerita yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku.
B.     merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C.     merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D.    merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan informasi.

2.      Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A.    orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B.     orientasi , kalimat topik, deskripsi
C.     orientasi, insiden, interpretasi
D.    orientasi, insiden, kesimpulan

3.      Struktur  yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
A.    kesimpulan
B.     penyelesaian
C.     interpretasi
D.    amanat

4.      Struktur  yang berisi tahapan kejadian  dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
A.    insiden
B.     komplikasi
C.     eksposisi
D.    klimaks

5.      “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat
B.     kata keterangan waktu
C.     kata keterangan tujuan
D.    kata keterangan cara
6.      Bel tanda masuk kelas sebentar lagi akan berbunyi.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat
B.     kata keterangan waktu
C.     kata keterangan tujuan
D.    kata keterangan cara

7.      Kiriman barang ini akan disampaikan kepada pemilik secepatnya.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat
B.     kata keterangan waktu
C.     kata keterangan tujuan
D.    kata keterangan cara

8.      Penulisan kata keterangan tempat dan penulisan kalimat yang benar adalah....
A.    Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B.     Ima baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
C.     Nanti malam kami akan belajar kelompok ke rumah Ita.
D.    Setiap Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.

9.      Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai figur/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya.

Kata hubung antarkalimat yang dipergunakan dalam teks di atas adalah....
A.    kini
B.     dan
C.     dengan demikian
D.    dalam hal ini

10.  Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam teks soal nomor 9 di atas adalah ....
A.    atau, bagi
B.     atau, dan
C.     bagi, baik
D.    baik, atau

11.  Jumlah fungsi predikat (p) dalam kalimat majemuk adalah....
A.    1
B.     lebih dari 1
C.     kurang dari 2
D.    tidak lebih dari 3

12.  Ayah teman sekolahku seorang dokter bedah di Rumah Sakit Umum Sargito.
Kalimat di tas termasuk kalimat....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat majemuk setara
C.     kalimat majemuk rapatan
D.    kelimat majemuk bertingkat

13.  Manakah yang termasuk kalimat majemuk setara dari kalimat di bawah ini!
A.    Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B.     Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C.     Ia seorang perawat sewaktu aku tinggal di sini.
D.    Ia seorang perawat, jika ia bekerja di rumah sakit.

14.  Kalimat yang terjadi karena adanya hubungan yang tidak saling mempengaruhi antarbagian kalimat dinamakan....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat mejemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

15.  Kalimat yang terjadi karena adanya hubungan yang  saling mempengaruhi antarbagian kalimat dinamakan....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat mejemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

16.  Buku paket Bahasa Indonesia Kelas IX berwarna cokelat sedangkan buku paket Bahasa Inggris kelas IX bewarna merah.
Kalimat di atas termasuk kalimat ....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat mejemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

17.  Sewaktu ia pergi ke pasar, adikku sakit,
Kalimat di atas termasuk kalimat majemuk bertingkat hubungan ....
A.    waktu
B.     pengandaian
C.     syarat
D.    tujuan

18.  Kami melobangi  batu besar  itu dengan cairan yang berbahan kimia.
Kalimat di atas termasuk kalimat majemuk bertingkat hubungan ....
A.    tujuan
B.     pengandaian
C.     alat
D.    hasil


19.  Jika kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi.
Manakah bagian  yang termasuk dalam  induk kalimat dari kalimat majemuk bertingkat di atas?
A.    Jika kita tekun
B.     Jika kita tekun dalam semua kegiatan
C.     Kita pasti akan mendapatkan prestasi
D.    Jika kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi

20.  Manakah kalimat majemuk bertingkat di bawah ini yang didahului oleh bagian anak kalimat?
A.    Kita akan berangkat, jika ia sudah siap.
B.     Ia menjadi pemurung, sejak ayahnya sakit.
C.     Kami selalu berolahraga agar tubuh tetap sehat.
D.    Bilamana hujan mulai turun, desa itu pasti banjir.

21.              Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tahukah kamu maksud pepatah tersebut? Apabila dipahami dan diresapi lebih mendalam, pepatah itu memiliki makna yang bermanfaat untuk kehidupan. Kehidupan manusia penuh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada dirinya, baik peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa yang tidak menyenangkan.
Kalimat yang tergolong kalimat tinggal yang terdapat pada paragraf di atas adalah kalimat....
A.    1 dan 3
B.     1 dan 2
C.     2 dan 3
D.    3 dan 4

22.  Peristiwa-peristiwa itu menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.
Kalimat di atas tergolong dalam bentuk kalimat....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat majemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

23.              Peristiwa itu memberikan semacam peringatan bagiku. Setiap aku akan mengendarai kendaraan helm selalu kugunakan. Keselamatan dan kesehatan lebih penting dari kecepatan dalam berkendara.
Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     interpretasi
D.    solusi

24.              Untuk kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit. Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     interpretasi
D.    solusi

25.              Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari kencang setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.

Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     interpretasi
D.    solusi

26.              Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari secepatnya  setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.

Kata keterangan waktu yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

27.              Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari secepatnya  setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.

Kata keterangan cara yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

28.              Untuk kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit. Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.

Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    5
B.     6
C.     4
D.    3

29.              Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk berlatar hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa yang lewat pasti membacanya. Pesannya jelas dan bermakna. Untaian kalimatnya berbaris rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
 Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan pada kalimat pertama di paragraf di atas kurang tepat. Kata hubung intrakalimat yang tepat adalah....
A.    atau
B.     pada
C.     dengan
D.    sampai

30.              Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk  hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya jelas . Untaian kalimatnya  rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.

Kalimat majemuk bertingkat yang digunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    4
B.     5
C.     6
D.    7

31.  Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk  hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya jelas . Untaian kalimatnya  rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.

Antara anak kalimat dengan induk kalimat pada majemuk bertingkat di atas menggunakan hubungan ....
A.    syarat
B.     pengandaian
C.     penyebaban
D.    waktu

32.  Teks yang berisi respon terhadap seuatu situasi/keadaan yang disampaikan dengan data dan fakta yang lengkap. Teks ini didampaikan untuk menyampaikan emosi tertentu terhadap keadaan yang semestinya. Jenis teks ini dikelompokkan dalam tulisan....
A.    teks eksemplum
B.     teks deskriptif
C.     teks tanggapan deskriptif
D.    teks tanggapan kritis

33.  Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A.    orientasi, insiden, penegasan ulang
B.     evaluasi, deskripsi teks, penegasan uaang
C.     evaluasi, insiden, penegasan ulang
D.    orientasi, deskripsi teks, penegasn ulang

34.  Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     deskripsi teks
D.    evaluasi

35.  Bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     orientasi
D.    interpretasi

36.  Bagian akhir teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     penegasan ulang
D.    interpretasi

37.  Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus ditulikan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut diampaikan  dengan cara yang ilmiah. Faktor tersebut adalah....
A.    data dan fakta
B.     keterangan
C.     observasi
D.    pemikiran

38.  Perbedaan antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah....
A.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah hingga perlu data
B.     Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif
C.     Teks eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan insiden
D.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah tidak perlu data

39.  Dalam tks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan atauran yang benar. Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

40.              Puisi itu sangat indah. Kita tidak hanya kagum pada untaian kata-katanya, tetapi juga terpana dan terkesima pada pesan yang ingin disampaikan penulis. Pilihan kata-katanya sangat bermakna. Alurnya sangat nyata.
Kalimat utama pada pragraf di atas adalah ....
A.    kalimat 1 dan 2
B.     kalimat  1
C.     kalimat 3
D.    kalimat 3 dan 4

41.              Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics—yang antara lain dilakukan di Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan main game bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     orientasi
C.     evaluasi
D.    narasi

42.              Masalah sosialisasi merupakan masalah dalam tumbuh kembang anak. Berhubung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan mesin (bukan manusia), si praremaja bisa merasa canggung dan kurang nyaman kala datang kesempatan untuk bergaul dengan temannya.

Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     deskripsi teks
C.     evaluasi
D.    narasi

43.              Hal ini berarti game online sangat barbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan sangat bijaksana.

Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     deskripsi teks
C.     evaluasi
D.    penegasan ulang

44.  Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa.
Kalimat “ Saya sependapat dengan hal itu.”  merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain


45.  Kalimat “Tentu pandangan-pandangan itu terbantahkan.” merupakan  jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

46.  Digital Game-Based Learning, menyebut anak-anak berusia 14 tahun ke bawah sebagai ”digital natives”—alias ”penduduk asli” yang menghuni dunia digital ini.

Jenis ungkapan yang dipergunakan dalam paragraf ini merupakan jenis ungkapan ....

A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

47.   Data yang disajikan menunjukkan bahwa kabut asap yang terjadi di Tanjungpandan Belitung ini merupakan kiriman dari daerah lain.
Kalimat ini menggunakan ungkapan ....

A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

48.  Manakah ungkapan yang menggunakan ungkapan tanggapan yang menggunakan kata bilangan atau urutan informasi dari kalimat di bawah ini?
A.    Saya setuju dengan pendapat itu, tetapi kajian yang mendalam sangat perlu dilakukan.
B.     Alasan pertama adalah kita belum siap untuk melakukan hal itu.
C.     Para ahli mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi.
D.    Saya sependapat dengan hal itu.

49.              Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.

Paragraf ini berdasarkan isi dan cirinya merupakan bagian dari teks ....
A.    teks eksemplum
B.     teks tanggapan kritis
C.     teks cerpen
D.    teks tanggapan deskriptif

50.              Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Dalam teks tanggapan kritis, paragraf ini berada dalam struktur ....
A.    evaluasi
B.     deskripsi teks
C.     penegasan ulang

D.    interpretasi 

35 comments:

  1. Terimakasih sangat sangat membantu saat keadaan mendesak, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim jawabannya ke email saya ga! Tolong ya mbaak!!
      Email: salsabilala84@gmail.com !!!

      Delete
    2. Bisa kirim jawabannya ke email saya ga! Tolong ya mbaak!!
      Email: salsabilala84@gmail.com !!!

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Tolong kirim jawabannya ke email saya.
      Email: putrianida19@gmail.com

      Delete
  2. ini soal teks eksemplum semua ya

    ReplyDelete
  3. ada teks tanggapan kritisny juga @guru cerdas

    ReplyDelete
  4. Jaamu ki wowornya sampe tumpeh kisana

    ReplyDelete
  5. Jaamu ki wowornya sampe tumpeh kisana

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. jawabannya bisa mintak tolong kirim kan ke akun email saya tidak amrismadin@gmail.com

    ReplyDelete
  8. jawabannya kirim ke email saya Dong pj310102@gmail.com

    ReplyDelete
  9. tooling kirim jawabannya ke saya aishadafa25@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Tolong kirimkan jawabannya ke email ini kocelpanggiman@gmail.com

    ReplyDelete
  11. saya minta jawabanya juga soalnya mau ujian

    ReplyDelete
  12. saya minta jawabanya juga soalnya mau ujian

    ReplyDelete
  13. Sumpah... banyak kali yang sama soalnya tadi pagi... ujian akhir semester

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

 

Translate

Blogger news

Blogroll

About