SOAL
MIDSEMESTER GANJIL
KELAS
IX
2015/2016
1. Pernyataan
yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A. merupakan
teks cerita yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku.
B. merupakan
teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C. merupakan
teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D. merupakan
teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan
informasi.
2. Struktur
yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A. orientasi,
defenisi umum, defenisi khusus
B. orientasi
, kalimat topik, deskripsi
C. orientasi,
insiden, interpretasi
D. orientasi,
insiden, kesimpulan
3. Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum
terdapat pada bagian ....
A. kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. amanat
4. Struktur yang berisi tahapan kejadian dalam teks eksemplum terdapat pada bagian
....
A. insiden
B. komplikasi
C. eksposisi
D. klimaks
5. “Saya
membuat lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang
digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. kata
keterangan tempat
B. kata
keterangan waktu
C. kata
keterangan tujuan
D. kata
keterangan cara
6. Bel
tanda masuk kelas sebentar lagi akan berbunyi.
Jenis kata keterangan yang
digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. kata
keterangan tempat
B. kata
keterangan waktu
C. kata
keterangan tujuan
D. kata
keterangan cara
7. Kiriman
barang ini akan disampaikan kepada pemilik secepatnya.
Jenis kata keterangan yang
digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. kata
keterangan tempat
B. kata
keterangan waktu
C. kata
keterangan tujuan
D. kata
keterangan cara
8. Penulisan
kata keterangan tempat dan penulisan kalimat yang benar adalah....
A. Ibu
guru kami akan berangkat keJambi.
B. Ima
baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
C. Nanti
malam kami akan belajar kelompok ke rumah Ita.
D. Setiap
Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.
9.
Kini
anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala
kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai
figur/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Dengan demikian, perkembangan
kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai
yang ditanamkan orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini
orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya.
Kata
hubung antarkalimat yang dipergunakan dalam teks di atas adalah....
A.
kini
B.
dan
C.
dengan
demikian
D.
dalam
hal ini
10.
Kata
hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam teks soal nomor 9 di atas adalah
....
A.
atau,
bagi
B.
atau,
dan
C.
bagi,
baik
D.
baik,
atau
11.
Jumlah
fungsi predikat (p) dalam kalimat majemuk adalah....
A.
1
B.
lebih
dari 1
C.
kurang
dari 2
D.
tidak
lebih dari 3
12.
Ayah
teman sekolahku seorang dokter bedah di Rumah Sakit Umum Sargito.
Kalimat
di tas termasuk kalimat....
A.
kalimat
tunggal
B.
kalimat
majemuk setara
C.
kalimat
majemuk rapatan
D.
kelimat
majemuk bertingkat
13.
Manakah
yang termasuk kalimat majemuk setara dari kalimat di bawah ini!
A.
Ia
seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B.
Ia
seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C.
Ia
seorang perawat sewaktu aku tinggal di sini.
D.
Ia
seorang perawat, jika ia bekerja di rumah sakit.
14.
Kalimat
yang terjadi karena adanya hubungan yang tidak saling mempengaruhi antarbagian
kalimat dinamakan....
A.
kalimat
tunggal
B.
kalimat
mejemuk
C.
kalimat
majemuk setara
D.
kalimat
majemuk bertingkat
15.
Kalimat
yang terjadi karena adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antarbagian kalimat dinamakan....
A.
kalimat
tunggal
B.
kalimat
mejemuk
C.
kalimat
majemuk setara
D.
kalimat
majemuk bertingkat
16.
Buku
paket Bahasa Indonesia Kelas IX berwarna cokelat sedangkan buku paket Bahasa
Inggris kelas IX bewarna merah.
Kalimat
di atas termasuk kalimat ....
A.
kalimat
tunggal
B.
kalimat
mejemuk
C.
kalimat
majemuk setara
D.
kalimat
majemuk bertingkat
17.
Sewaktu
ia pergi ke pasar, adikku sakit,
Kalimat
di atas termasuk kalimat majemuk bertingkat hubungan ....
A.
waktu
B.
pengandaian
C.
syarat
D.
tujuan
18.
Kami
melobangi batu besar itu dengan cairan yang berbahan kimia.
Kalimat
di atas termasuk kalimat majemuk bertingkat hubungan ....
A.
tujuan
B.
pengandaian
C.
alat
D.
hasil
19.
Jika
kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi.
Manakah
bagian yang termasuk dalam induk kalimat dari kalimat majemuk bertingkat
di atas?
A.
Jika
kita tekun
B.
Jika
kita tekun dalam semua kegiatan
C.
Kita
pasti akan mendapatkan prestasi
D.
Jika
kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi
20.
Manakah
kalimat majemuk bertingkat di bawah ini yang didahului oleh bagian anak
kalimat?
A.
Kita
akan berangkat, jika ia sudah siap.
B.
Ia
menjadi pemurung, sejak ayahnya sakit.
C.
Kami
selalu berolahraga agar tubuh tetap sehat.
D.
Bilamana
hujan mulai turun, desa itu pasti banjir.
21.
Pengalaman adalah guru yang terbaik.
Tahukah kamu maksud pepatah tersebut? Apabila dipahami dan diresapi lebih
mendalam, pepatah itu memiliki makna yang bermanfaat untuk kehidupan. Kehidupan
manusia penuh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada dirinya, baik
peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa yang tidak menyenangkan.
Kalimat
yang tergolong kalimat tinggal yang terdapat pada paragraf di atas adalah
kalimat....
A.
1
dan 3
B.
1
dan 2
C.
2
dan 3
D.
3
dan 4
22.
Peristiwa-peristiwa
itu menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.
Kalimat
di atas tergolong dalam bentuk kalimat....
A.
kalimat
tunggal
B.
kalimat
majemuk
C.
kalimat
majemuk setara
D.
kalimat
majemuk bertingkat
23.
Peristiwa itu memberikan semacam
peringatan bagiku. Setiap aku akan mengendarai kendaraan helm selalu kugunakan.
Keselamatan dan kesehatan lebih penting dari kecepatan dalam berkendara.
Paragraf
di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.
orientasi
B.
insiden
C.
interpretasi
D.
solusi
24.
Untuk kedua kalinya ia mencoba
memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai memerah. Darah mengarah
ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit. Tak lebih dari satu
jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat,
tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
Paragraf
di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.
orientasi
B.
insiden
C.
interpretasi
D.
solusi
25.
Setelah lima menit berlalu Ririn,
siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin
ia dengar. Ia pun berlari kencang setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn
merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya
hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.
Paragraf
di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.
orientasi
B.
insiden
C.
interpretasi
D.
solusi
26.
Setelah lima menit berlalu Ririn,
siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin
ia dengar. Ia pun berlari secepatnya setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn
merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya
hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.
Kata
keterangan waktu yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada
kalimat....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
27.
Setelah lima menit berlalu Ririn,
siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin
ia dengar. Ia pun berlari secepatnya
setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa
yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk
dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.
Kata
keterangan cara yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
28.
Untuk kedua kalinya ia mencoba
memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai memerah. Darah mengarah
ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit. Tak lebih dari satu
jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat,
tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
Kata
hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam pragraf di atas terdapat pada
kalimat....
A.
5
B.
6
C.
4
D.
3
29.
Lima meter jarak antara kami dan
tulisan di spanduk berlatar hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas.
Setiap siswa yang lewat pasti membacanya. Pesannya jelas dan bermakna. Untaian
kalimatnya berbaris rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri
sendiri”.
Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan
pada kalimat pertama di paragraf di atas kurang tepat. Kata hubung intrakalimat
yang tepat adalah....
A.
atau
B.
pada
C.
dengan
D.
sampai
30.
Lima meter jarak antara kami dan
tulisan di spanduk hijau itu. Tulisannya
besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya jelas .
Untaian kalimatnya rapi. “Jika ingin
jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
Kalimat
majemuk bertingkat yang digunakan dalam pragraf di atas terdapat pada
kalimat....
A.
4
B.
5
C.
6
D.
7
31.
Lima
meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk
hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti
membacanya. Pesannya jelas . Untaian kalimatnya
rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
Antara
anak kalimat dengan induk kalimat pada majemuk bertingkat di atas menggunakan
hubungan ....
A.
syarat
B.
pengandaian
C.
penyebaban
D.
waktu
32.
Teks
yang berisi respon terhadap seuatu situasi/keadaan yang disampaikan dengan data
dan fakta yang lengkap. Teks ini didampaikan untuk menyampaikan emosi tertentu
terhadap keadaan yang semestinya. Jenis teks ini dikelompokkan dalam tulisan....
A.
teks
eksemplum
B.
teks
deskriptif
C.
teks
tanggapan deskriptif
D.
teks
tanggapan kritis
33.
Struktur
yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A.
orientasi,
insiden, penegasan ulang
B.
evaluasi,
deskripsi teks, penegasan uaang
C.
evaluasi,
insiden, penegasan ulang
D.
orientasi,
deskripsi teks, penegasn ulang
34.
Bagian
tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan
yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.
orientasi
B.
insiden
C.
deskripsi
teks
D.
evaluasi
35.
Bagian
awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan
penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.
evaluasi
B.
insiden
C.
orientasi
D.
interpretasi
36.
Bagian
akhir teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan
diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.
evaluasi
B.
insiden
C.
penegasan
ulang
D.
interpretasi
37.
Untuk
meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor
ini harus ditulikan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut
diampaikan dengan cara yang ilmiah.
Faktor tersebut adalah....
A.
data
dan fakta
B.
keterangan
C.
observasi
D.
pemikiran
38.
Perbedaan
antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah....
A.
Teks
eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah
hingga perlu data
B.
Teks
eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif
C.
Teks
eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan insiden
D.
Teks
eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah
tidak perlu data
39.
Dalam
tks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang
harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan atauran yang benar.
Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
40.
Puisi itu sangat indah. Kita tidak
hanya kagum pada untaian kata-katanya, tetapi juga terpana dan terkesima pada
pesan yang ingin disampaikan penulis. Pilihan kata-katanya sangat bermakna.
Alurnya sangat nyata.
Kalimat
utama pada pragraf di atas adalah ....
A.
kalimat
1 dan 2
B.
kalimat 1
C.
kalimat
3
D.
kalimat
3 dan 4
41.
Menurut penelitian yang
pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics—yang antara lain dilakukan di
Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan
Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan main game bisa
mengganggu proses tumbuh kembang anak.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur
teks berupa....
A.
insiden
B.
orientasi
C.
evaluasi
D.
narasi
42.
Masalah sosialisasi
merupakan masalah dalam tumbuh kembang anak. Berhubung lebih banyak
menghabiskan waktu untuk bermain dengan mesin (bukan manusia), si praremaja
bisa merasa canggung dan kurang nyaman kala datang kesempatan untuk bergaul
dengan temannya.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari
struktur teks berupa....
A.
insiden
B.
deskripsi
teks
C.
evaluasi
D.
narasi
43. Hal ini berarti game online sangat
barbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan sangat
bijaksana.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari
struktur teks berupa....
A.
insiden
B.
deskripsi
teks
C.
evaluasi
D.
penegasan
ulang
44.
Unsur
kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan kritis dengan
teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan,
ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan
penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa.
Kalimat
“ Saya sependapat dengan hal itu.” merupakan
jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A.
Ungkapan
tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.
Ungkapan
tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.
Ungkapan
tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.
Ungkapan
tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
45.
Kalimat
“Tentu pandangan-pandangan itu terbantahkan.” merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A.
Ungkapan
tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.
Ungkapan
tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.
Ungkapan
tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.
Ungkapan
tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
46.
Digital Game-Based Learning, menyebut anak-anak berusia 14 tahun ke bawah
sebagai ”digital natives”—alias ”penduduk asli” yang menghuni dunia digital
ini.
Jenis
ungkapan yang dipergunakan dalam paragraf ini merupakan jenis ungkapan ....
A.
Ungkapan
tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.
Ungkapan
tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.
Ungkapan
tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.
Ungkapan
tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
47.
Data yang disajikan menunjukkan bahwa kabut
asap yang terjadi di Tanjungpandan Belitung ini merupakan kiriman dari daerah
lain.
Kalimat
ini menggunakan ungkapan ....
A.
Ungkapan
tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.
Ungkapan
tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.
Ungkapan
tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.
Ungkapan
tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
48. Manakah
ungkapan yang menggunakan ungkapan tanggapan yang menggunakan kata bilangan
atau urutan informasi dari kalimat di bawah ini?
A. Saya
setuju dengan pendapat itu, tetapi kajian yang mendalam sangat perlu dilakukan.
B. Alasan
pertama adalah kita belum siap untuk melakukan hal itu.
C. Para
ahli mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi.
D. Saya
sependapat dengan hal itu.
49. Pendapat yang telah disajikan
tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak
boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui
penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat
diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika
mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan
yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja
kita.
Paragraf
ini berdasarkan isi dan cirinya merupakan bagian dari teks ....
A.
teks eksemplum
B.
teks tanggapan kritis
C.
teks cerpen
D.
teks tanggapan deskriptif
50.
Untuk
itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban
belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan
internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran
hobi yang positif perlu terus didukung.
Dalam
teks tanggapan kritis, paragraf ini berada dalam struktur ....
A.
evaluasi
B.
deskripsi teks
C.
penegasan ulang
D.
interpretasi
jawabannya apa
ReplyDeleteTerimakasih sangat sangat membantu saat keadaan mendesak, hehe..
ReplyDeleteSama sama
DeleteSama sama
DeleteBisa kirim jawabannya ke email saya ga! Tolong ya mbaak!!
DeleteEmail: salsabilala84@gmail.com !!!
Bisa kirim jawabannya ke email saya ga! Tolong ya mbaak!!
DeleteEmail: salsabilala84@gmail.com !!!
This comment has been removed by the author.
DeleteTolong kirim jawabannya ke email saya.
DeleteEmail: putrianida19@gmail.com
ini soal teks eksemplum semua ya
ReplyDeletejawabanya?
ReplyDeletejawaban?
ReplyDeleteada teks tanggapan kritisny juga @guru cerdas
ReplyDeleteAhoi kapten
ReplyDeleteJaamu ki wowornya sampe tumpeh kisana
ReplyDeleteJaamu ki wowornya sampe tumpeh kisana
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletejawabannya bisa mintak tolong kirim kan ke akun email saya tidak amrismadin@gmail.com
ReplyDeletedapet gk jawabannya
DeleteJawabanx mana ?
Deletejawabannya kirim ke email saya Dong pj310102@gmail.com
ReplyDeletebisa gk
ReplyDeletehlo
ReplyDeleteMohon izin copas
ReplyDeleteJawabannya mana!!!!
ReplyDeletetooling kirim jawabannya ke saya aishadafa25@gmail.com
ReplyDeleteTolong kirimkan jawabannya ke email ini kocelpanggiman@gmail.com
ReplyDeletesaya minta jawabanya juga soalnya mau ujian
ReplyDeletekirim ke email sempukrajan@gmail.com
Deletekirim ke email sempukrajan@gmail.com
Deletesaya minta jawabanya juga soalnya mau ujian
ReplyDeleteSumpah... banyak kali yang sama soalnya tadi pagi... ujian akhir semester
ReplyDeletePersis..... sumpah.....
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekirimin jwbnny dong pliss
ReplyDeletekirimin jwbnny dong pliss
ReplyDelete