Pages

Wednesday 6 April 2016

KUNCI JAWABAN TRY OUT 4 APRIL 2016

1.    Bacalah  teks  berikut ini!
Gunung Slamet terus menunjukan aktivitas vulkanik. Aktivitas kegempaan berupa gempa tremor cenderung meningkat. Adapun gempa  dan letusan terpantau fluktuatif. Aktivitas vulkanik yang teramati adalah embusan asap dengan ketinggian 100-400m.
Makna kata yang bercetak miring pada teks tersebut adalah...
A.      Mengeluarkan abu
B.       Melakukan kegiatan
C.       Menerbangkan asap
D.      Menghamburkan abu

2.    Bacalah teks berikut ini !
(1)Joy dinobatkan sebagai pemenang pertama Indonesian Idol. (2) Kemenangan itu diraih  berdasarkan 4 juta sms dan telepon pemirsa. (3)Hasil dari kumpulan sms dan telepon itu  dikirim kepada panitia kegiatan.
Makna kalimat nomor 2 pada  teks  tersebut adalah….
A.      Joy meraih juara pertama Indonesian Idol dengan 4 juta sms
B.       Joy menduduki  juara Indonesian Idol karena suaranya bagus
C.       Joy sudah menjadi Indonesian Idol dan  memang pantas
D.      Joy betul-betul sesuai menjadi juara pertama Indonesian Idol

3.    Bacalah teks berikut !
Mengajak anak-anak menyelamatkan lingkungan secara tidak langsung telah menanamkan rasa cinta dan pentingnya menghargai lingkungan hidup. Kebiasaan ramah lingkungan yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat menjadi gaya hidup anak pada usia dewasa.
Kelompok kata yang terdapat dalam teks tersebut adalah....
A.      Lingkungan hidup
B.       Menyelamatkan lingkungan
C.       Menghargai lingkungan
D.      Cinta lingkungan
4.    Pemerintah tidak memberikan  izin untuk membangun mal di kawasan itu.
Kata yang tidak baku dalam kalimat tersebut adalah ....
a.       Mall
b.      Ijin
c.       Kawasan
d.      itu
5.    Bacalah teks berikut!
Troides  Helena nama kupu-kupu itu, memiliki penting bagi keseimbangan ekosistem alam. Dikenal sebagai kupu-kupu besar “common birwing “, Troides Helena yang merupakan salah satu sepesies kupu-kupu Indonesia ini berhadapan dengan ancaman kepunahan. Pohon-pohon, semak dan tanaman yang menjadi habitatnya  makin tergerus. Dengan rentang hidup yang hanya dua bulan sebagai bagian dari tahapan metamorfosa, upaya perlindungan dan pelestarian adalah keniscayaan. Tanpa  konservasi, kupu-kupu itu akan punah.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah...
A.  Bagaimana melestarikan Troides Helena?
B.  Mengapa Troides Helena Terancam punah?
C.  Dimanakah penangkaran Troides Helena?
D.  Apa peranan Troides Helena dalam menyeimbangkan alam?


6.    Bacalah biografi tokoh berikut ini dengan saksama, kemudian jawablah nomor 7 dan 8 !
Barack Hussein Obama lahir 4 Agustus 1961,  dia adalah Presiden ke-44 Amerika Serikat.   Dia adalah orang African American pertama yang memegang jabatan penting sebagai presiden Amerika Serikat.Obama adalah Senator dari Illionis Amerika yang menjabat dari 3 Januari 2005 hingga 16 November 2008, setelah itu maju ke pemilihan presiden Amerika Serikat. Dia diambil sumpah sebagai presiden pada tangaal 20 Januari 2009 dalam sebuah upacara perdana di US Capitol. Obama adalah lulusan Columbia University dan Harvard Law School, di mana dia adalah orang pertama keturunan Afrika-Amerika yang menjadi presiden AS dari Harvard Law (Fakultas Hukum Harvard University).
Dia bekerja sebagai organizer masyarakat, dan juga bekerja sebagai pengacara hak-hak sipil di Chicago. Dia juga mengajar hukum Konstitusi di University of Chicago Law School dari 1992 sampai 2004. Setelah gagal membuat tawaran untuk kursi di DPR AS tahun 2000, Obama terpilih menjadi Senat pada November 2004. Obama menyampaikan intisari alamat Konvensi Nasional Demokrat Juli 2004.
                        (Dikutip dari : http;//kolom.biografi.blogspot.com/ 2009)
Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A.      Obama lahir 4 Agustus 1961
B.       Obama diambil sumpah pada acara perdana di US Capitol
C.       Obama merupakan orang Afican-America pertama menjadi presiden AS
D.      Obama adalah orang pertama keturunan Afrika   Amerika lulusan Columbia Univercity

7.    Sifat tokoh yang patut diteladani dalam biografi tersebut adalah ...
A.      pekerja keras
B.       suka berorganisasi
C.       berambisi menjadi tokoh terkenal
D.      berani menghadapi tantangan

8.    Bacalah teks berikut!
(1)Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disebut B.J.Habibie adalah presiden ketiga RI. (2) B.J.Habibie lahir di Pare-Pare Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 dan memiliki kegemaran menunggang kuda serta membaca (3) Ketika kuliah, beliau mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di Jerman (4) Beliau disebut sebagai bapak dirgantara Indonesia.
Kalimat pendapat pada teks diatas terdapat pada nomor ....
A.    1                                 C. 3
B.     2                                 D. 4

9.        Bacalah teks berikut!
Pelangi di langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari. Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudian di belokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum. Pelangi hanya dapat di lihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan terkesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar.
Peristiwa yang terjadi dalam teks tersebut adalah ...
A.    Proses terjadinya pelangi
B.     Proses terjadinya pembiasan cahaya
C.     Proses terjadinya cahaya langit
D.    Proses terjadinya warna pelangi

10.    Bacalah teks berikut!
(1) Orang yang pintar pada umumnya tidak sombong.  (2) Mereka selalu merendah karena orang yang pintar biasanya adalah orang yang bijak. Jika mereka berargument, mereka sangat tenang dalam memberikan penjelasan, orang-orang ini biasanya menjadi idola dilingkungan pertemanannya. (3) Berbeda dengan orang yang bodoh yang selalu terlihat arogan dan menganggap dirinya adalah yang terbaik dengan cara menyombongkan diri. (4) Akibatnya, orang-orang bodoh ini tidak disukai oleh siapa pun. (6) Oleh karena itu, jadilah orang pintar yang rendah hati, dari pada orang bodoh yang tinggi hati.
Kalimat yang menunjukkan pertentangan ditunjukkan oleh nomor ....
A.    1                                             C.  3
B.     2                                             D.  4
11.    Bacalah teks berikut!
(1)Harimau digolongkan menjadi hewan pemangsa daging. (2) Selain itu, harimau juga merupakan hewan bertaring yang sangat buas. (3) Saat ini, harimau diambang kepunahan sehingga harus dikembangbiakkan di penangkaran. (4) Lingkungan hidup harimau yang sebenarnya adalah hutan rimba. (5) Meskipun dalam penangkaran, harimau tetap hewan yang berbahaya.
Kalimat deskriptif terdapat pada nomor ....
A.     (1) dan (3)                             C. (2) dan (4)
B.     (3) dan (5)                              D. (2) dan (5)

12.    Bacalah teks berikut!
Bawang putih telah lama dikenal sebagai bahan makanan penyedap rasa dan penambah aroma makanan. Rempah-rempah ini ternyata memiliki khasiat yang sangat mengagumkan. Memakan satu siung bawang putih setiap hari dapat menghindarkan diri dari beberapa penyakit mematikan. Cara mengkonsumsi bawang putih dapat direbus dengan air kemudian diminum airnya atau dapat langsung dimakan dengan diiris tipis kemudian dicampur dengan berbagai makanan. Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita adalah: menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah pengerasan pembuluh darah, mencegah kanker saluran pencernaan, mencegah gigitan kutu, dan mengobati infeksi jamur.
Ide pokok dari teks diatas adalah ....
A.    Cara mengkonsumsi bawang putih setiap hari
B.     Manfaat yang terdapat pada bawang putih
C.     Penyakit yang dapat dihindari dengan mengkonsumsi bawang putih
D.    Bawang putih sebagai bahan penyedap makanan

13.    Bacalah kutipan teks berikut!
Tape ketan hitam merupakan salah satu bentuk hasil hasil fermentasi dari ketan hitam secara tradisional. Tape ketan hitam biasa dimakan langsung atau dicampur dengan es yang segar. Tape ketan hitam biasa disajikan dengan bungkusan daun pisang. Perbandingan yang tepat akan menghasilkan tape ketan yang manis dan segar. Pembuatan tape ketan hitam membutuhkan perbandingan 1kg ketan hitam, 2 butir ragi tape, daun pandan, dan 5 gelas air.
Cara pembuatannya adalah dengan memasak ketan hitam terlebih dahulu. Setelah ketan hitam matang, pindahkan ketempat yang datar seperti nampan minuman yang cukup besar agar dingin. Haluskan ragi tape kemudian taburkan diatas ketan hitam yang telah dingin dan campur rata. Setelah ketan hitam tercampur rata dengan ragi, pindahkan lagi kedalam panci dan tutup rapat panci tersebut agar oksigen  tidak dapat masuk. Tunggu proses fermentasi selama 4-5 hari.
Selama proses fermentasi, panci yang berisi ketan hitam tidak boleh dibuka karena memungkinkan oksigen masuk kedalam panci sehingga proses fermentasi ketan hitam tidak sempurna. Proses fermentasi yang sempurna akan membuat tape ketan hitam memiliki rasa yang manis dan segar, sedangkan proses fermentasi yang tidak sempurna akan membuat rasa tape ketan hitam menjadi masam bahkan sangat masam.
Simpulan isi teks diatas adalah ...                                           
A.    Proses fermentasi tape ketan hitam yang sempurna akan menghasilkan rasa tape ketan hitam manis yang manis dan segar.
B.     Tape ketan hitam dibuat dengan cara mencampurkan ketan hitam dengan ragi kemudian difermentasikan.
C.     Tape ketan hitam yang manis dan segar dapat dihasilkan dengan mencampurkan bahan-bahan sesuai perbandingan dan melakukan fermentasi yang sempurna.
D.    Proses pembuatan tape ketan hitam dilakukan dengan menyimpan ketan hitam yang telah dicampur ragi dalam panci.
14.    Bacalah teks berikut!
(1)      Pengguna facebook saat ini telah mencapai milyaran orang di dunia. (2) Mulai dari bertukar informasi dengan teman hingga berjualan secara online. (3) Berjualan online dengan menggunakan facebook memang lebih mudah dan lebih efisien daripada berjualan lewat mulut ke mulut (4) Penggunaan facebook memang sah-sah saja selama itu digunakan secara positif. (5) Tetapi, saat ini banyak sekali aksi kriminal yang dilakukan melalui akun facebook. (6) Selain, digunakan untuk aksi kriminal, penggunaan facebook  juga hanya digunakan untuk ajang kopi darat. (7) Hal ini dirasa hanya membuang waktu dan uang saja.
Kalimat sanggahan yang tepat dari teks diatas adalah....
A.    (1) (2) dan (3)                         C. (4) (5) dan (6)
B.     (5) (6) dan (7)                         D. (2) (3) dan (4)

15.  Bacalah teks berikut ini!
Banyak anak usia wajib belajar putus sekolah. Mereka harus bekerja membantu ekonomi keluarga. Kondisi itu harus menjadi perhatian pemerintah karena anak usia wajib belajar harus menyelesaikan pendidikan SD-SMP  tanpa hambatan, termasuk persoalan biaya.
Awalnya membantu orang tua, lalu mereka terjebak menjadi pekerjaan permanen. Mereka sering bolos sekolah. Akhirnya, mereka putus sekolah. Pihak sekolah tidak memberikan perhatian penuh kepada anak putus sekolah. Mereka sibuk menciptakan sekolah terbaik dan bergengsi. Mereka merasa BOS bagi anak miskin sudah cukup.
Kenyataannya BOS bagi anak-anak dari keluarga miskin belum cukup. Pemerintah dan sekolah harus memikirkan pemberian beasiswa tambahan untuk pembelian seragam dan alat tulis. Pemerintah juga harus memperhatikan biaya transportasi dari rumah ke sekolah. Jadi, anak-anak usia wajib belajar tidak terbebani dengan biaya pendidikan.
Ringkasan tepat sesuai teks tersebut adalah......
A.  Banyak anak putus sekolah harus bekerja membantu ekonomi keluarga. Mereka harus membagi waktu antara belajar dan bekerja. Sekali-kali mereka membolos saat pelajaran. Akibatnya, mereka mendapat teguran dari pihak sekolah. Mereka memberi alasan masuk akal. BOS bagi mereka belum cukup. Mereka masih memiliki kewajiban membeli seragam dan alat tulis.
B.  Pemerintah harus memberi perhatian khusus kepada anak dari keluarga miskin usia wajib belajar. Mereka harus menyelesaikan pendidikan SD-SMP tanpa hambatan, termasuk persoalan biaya. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, salah satunya dengan pemberian BOS. Kenyataan di lapangan BOS bagi anak-anak dari keluarga miskin belum cukup. Anak-anak tersebut masih membeli seragam dan alat tulis.
C.  Banyak anak usia wajib belajar putus sekolah karena membantu orang tuanya. Mereka harus menjadi perhatian pemerintah. Seharusnya mereka menyelesaikan pendidikan SD-SMP tanpa hambatan, termasuk persoalan biaya. Sementara itu, pihak sekolah merasa BOS bagi anak-anak dari keluarga miskin sudah cukup. Kenyataannya, BOS bagi mereka belum cukup. Mereka masih memiliki kewajiban membeli seragam dan alat tulis.
D.  Salah satu faktor penyebab banyak anak putus sekolah yaitu ekonomi keluarga. Mereka rela tidak sekolah agar dapat membantu orang tua bekerja. Masalah ini harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Kenyataannya, BOS bagi anak-anak dari keluarga miskin belum memecahkan masalah tersebut.

16.    Bacalah kedua kutipan teks berikut !
Kutipan teks 1
Kesalahan dalam membuat kebijakan dan peraturan berakibat fatal. Arah pengembangan pembangunan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat untuk menampung lebih banyak lapangan kerja.
Jika kondisi tersebut berlarut-larut, masalah pengangguran sulit untuk bisa diselesaikan. Sedangkan kesempatan kerja bagi calon pegawai negeri sipil seperti sekarang ini hanyalah permen untuk menyenangkan hati, bukan menyelesaikan persoalan.
Kutipan teks 2
Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Moch. Toha, Bandung, berjualan di tempat yang bukan semestinya. Mereka berjualan di badan jalan. Kepala Satpol PP Kabupaten Bandung, Usman Sayogi, mengatakan pihaknya akan segera menertibkan 556 lapak PKL di Dayeuhkolot. Oleh karena itu, ratusan lapak yang berada di sepanjang jalan Moch. Toha, mulai dari jembatan tol hingga jempatan Citarum harus di tertibkan
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ...
A.  Teks 1 menggunakan kata jika
Teks 2 menggunakan kata yang
B.   Teks 1 menggunakan kata dalam
Teks 2 menggunakan kata di
C.   Teks 1 menggunakan kata untuk
Teks 2 menggunakan kata bukan
D.  Teks 1 menggunakan kata sedangkan
Teks 2 menggunakan kata oleh karena itu

17.    Bacalah kutipan teksberikut!
Bagi Anda pelaku seni tari, penting kiranya membaca buku ini karena Anda tidak hanya akan menemukan pembahasan tarinya saja, tetapi juga dapat langsung praktik menarikannya. Buku ini dilengkapi gambar-gambar teknik gerak tari. Namun, bagi Anda yang tidak memahami simbol-simbol teknik tari, tentu akan kesulitan memahaminya. Untuk itu, Anda perlu menanyakan kepada pendidik atau sarjana seni tari.
Kelemahan buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional Melayu tersebut terdapat dalam kalimat.......
A.    Buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional Melayu membahas cara mempraktikan tarian
B.     Buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional Melayu membahas teori tentang tarian
C.     Buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional Melayu menyajikan simbol-simbol tari yang tidak setiap pembaca dapat memahaminya
D.    Buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional Melayu dilengkapi dengan gambar-gambar teknik gerak tari

18.    Bacalah kutipan teks berikut!
Suatu hari seekor keledai pergi mencari seekor anjing gunung ke sebuah gunung yang sangat tinggi. Keledai itu sengaja mencari anjing gunung untuk berburu bersama di sebuah hutan yang cukup lebat dan tidak lama keledai itu menaiki gunung akhirnya dia menemukan anjing gunung sedang berjalan. Kemudian anjing  diajak untuk berburu bersama dan akhirnya anjing gunung menerima ajakan dari sang keledai. Kini sang keledai dan anjing gunung pergi ke hutan lebat. Namun, sebelum mereka memasuki hutan keledai menemui seekor mancan tutul yang sedang tiduran di sebuah pohon besar. Sang keledai kemudian mengajak macan tutul itu pergi berburu bersama dan macan tutul itupun menerima ajakan sang keledai.
Kelompok kata yang terdapat dalam teks di atas adalah....
A.  Keledai itu
B.   Anjing diajak
C.   Dia menemukan
D.  Mendaki gunung

19.    Bacalah kutipan teks berikut!
Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan lain.Pada suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?""Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si kura-kura.Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki. Si rusa sangat marah mendengar tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"Si kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
Alasan rusa marah kepada kura-kura adalah....
A.  Kura-kura menyombongkan dirinya
B.   Kura-kura ingin mengadu betis dengan rusa
C.   Kura-kura hanya mondar-mandir
D.  Kura-kura ingin mencari sumber kehidupan

20.    Bacalah kutipan teks berikut!
Burung Gagak yang Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya.Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya. Ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan kekiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukkan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut. Ternyata gagasan itu terwujud
Latar suasana dalam kutipan teks tersebut adalah….
      A.  Terharu                       
      B.  Lega
      C.  Khawatir
      D.  Senang           
        
22.  Bacalah kutipan teks berikut!
Kura-Kura Pemanjat Pohon
Dahulu kala hiduplah seekor Tupai yang sangat pandai memanjat pohon. Ia dapat memanjat pohon tinggi untuk memetik buah-buahan segar.
”Kamu sangat beruntung. Kamu makan buah-buahan segar yang lezat tiap hari,” ujar Kura-Kura. Ia sangat sedih karena tidak makan buah-buahan segar seperti Tupai.
”Saya kira kamu tidak dapat memanjat pohon. Lihatlah dirimu! Kaki-kakimu pendek, cangkangmu besar dan kepalamu jelek, Kamu terlalu berat memanjat sebuah pohon!” Kata Tupai kepada Kura-Kura.
Kura-Kura sangat sedih. Akan tetapi, ia menerima kenyataan bahwa telah menciptakannya seperti itu. Kura-Kura malang hanya berdiri di bawah pohon dan memakan sisa buah yang dijatuhkan ke tanah oleh Tupai
”Seandainya saya dapat memanjat pohon, seperti Tupai, hidupku akan lebih baik.” Kata Kura-kura sedih. Sementara itu, Tupai makan buah-buahan dengan lahapnya di atas pohon.
       Berdasarkan isi cerita, Tupai memiliki watak.......
A.  Sabar              
B.   Sombong
C.   Baik
D.  Dengki

23.    Bacalah kutipan teks berikut!
Anjing Gunung, Keledai dan Macan Tutul
Suatu hari seekor keledai pergi mencari seekor anjing gunung ke sebuah gunung yang sangat tinggi, keledai itu sengaja mencari anjing gunung untuk berburu bersama di sebuah hutan yang cukup lebat dan tidak lama keledai itu menaiki gunung akhirnya dia menemukan seekor anjing gunung sedang berjalan. Kemudian anjing itu dia ajak untuk berburu bersama dan akhirnya anjing gunung itu menerima ajakan dari sang keledai, kini sang keledai dan anjing gunung pergi ke hutan lebat itu namun sebelum mereka memasuki hutan itu sang keledai menemui seekor mancan tutul yang sedang tiduran di sebuah pohon besar. Sang keledai kemudian mengajak macan tutul itu pergi berburu bersama dan macan tutul itupun menerima ajakan sang keledai.
Setelah sang keledai mengumpulkan teman berburunya yaitu Anjing gunung dan Macan Tutul kini mereka pergi bersama-sama memasuki hutan lebat untuk berburu bersama, mereka menangkap hewan-hewan dengan kerjasama yang baik hewan apapun bisa mereka tangkap dengan mudah mereka berburu mulai dari pagi hari sampai dengan sore hari. Mereka berhasil mengumpulkan hewan-hewan tangkapannya kemudian mereka bawa ke tempat terbuka dan mereka tumpuk hewan-hewan hasil buruan mereka. Hewan hasil buruan mereka terdiri dari seekor kelinci, kambing, rusa, kerbau, kijang dan uncal, kini waktunya mereka membagi-bgaikan hewan tangkapan mereka.
Tokoh utama dalam kutipan teks di atas adalah ....
A.       Anjing Gunung
B.       Macan Tutul
C.       Keledai
D.       Kerinci

24.    Bacalah kutipan teks berikut!
Burung Gagak yang Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya.Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya. Ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya.
Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya. Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan kekiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukkan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut. Ternyata gagasan itu terwujud.
Dikutip dari : ttp//www.rumahdongeng.com/cerita-anak.php?id=203
Pernyataan sesuai dengan isi cerita dalam kutipan fabel tersebut adalah.....
A.  Kerikil yang dimasukkan ke dalam tempayan menyebabkan air di dalam tempayan naik
B.  Gagak berhasil menggulingkan tempayan sehingga air dalam tempayan keluar
C.  Gagak memasukkan kerikil ke dalam tempayan menggunakan kakinya
D.  Burung Gagak menemukan tempayan berisi air dan kerikil

25.  Bacalah kutipan teks berikut!
Ngatimo  kembali mengedarkan pandangannya ke bukit yang terhampar di depannya. Selama ini dia telah bekerja keras membuat teras-teras di lerengnya, menanaminya dengan jagung, kacang, dan ketela pohon. Dia telah menyandarkan hidupnya pada lereng bukit itu untuk hidup. Pandangan Ngatimo kabur akibat rasa lapar yang menggigit dan silau matahari yang menyengat. Mungkin, mungkin inilah saat-saat terakhir kalinya dia mengerjakan tanah miliknya. Sejak saat ini pun, tanah ini sudah bukan miliknya lagi. Usai panen depan, menurut Pak Lurah, di antara bukit-bukit kapur itu akan berdiri bangunan pabrik, dan batu-batu kapur di balik bukit itu pun akan dipangkas, dikuras sampai habis.Bangkit dari duduknya, setengah terhuyung, Ngatimo berdiri menatap ke arah puncak bukit. Mungkin untuk terakhir kalinya. Beberapa saat kemudian dia berbalik, berjalan pulang. Dia merasa sudah saatnya harus menyingkir. Menyingkir, entah ke mana.
Tahapan alur yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.  Pemunculan konflik
B.   Penyituasian
C.     Penyelesaian
D.    Klimaks

26.    Bacalah kutipan teks berikut!
”Agung ...!” panggil Bapak dengan suara yang cukup keras. Beberapa detik kemudian Agung muncul. Melihat Alih ada di gendongan Bapak, hatinya berdegup.”Sini! Ikut Bapak!” kata Bapak sambil berjalan.. Agung tahu, apa yang bakal terjadi. Biasanya Bapak akan menasehatinya sambil menjewer telinganya. Setelah Alih diberikan ke Ibu, Bapak masuk ke kamarnya.”Masuk!” kata Bapak, lalu menutup pintu setelah Agung masuk.
”Kamu tahu kesalahanmu?” tanya Bapak sambil melepas ikat pinggang.
”Tahu, Pak.” jawab Agung
”Apa itu?”
”Alih Agung dudukkan di tangkai pohon.”
”Bagus! Dititipi Alih agar dijaga, malah Alih ditaruh di tangkai pohon dan kamu main sendiri. Kamu tahu hukuman terhadap kesalahanmu?
”Tahu, Pak.”
”Hadap belakang!” kata Bapak.
Lalu sebentar kemudian Bapak mengayunkan ikat pinggangnya ke kaki Agung tiga kali. Agung tampak mengumpulkan seluruh tenaganya untuk menahan sakit. Tapi apa daya, ikat pinggang itu terlalu keras menghantam kakinya, sehingga rasa sakit itu membuatnya meringis.
Kalimat konflik yang terdapat pada kutipan cerpen  tersebut adalah ...
A.  Bapak menghukum Agung dengan mencambukkan ikat pinggang.
B.  Bapak menitipkan Alih pada Agung untuk dijaga saat Bapak pergi.
C.  Agung mendudukkan Alih di tangkai pohon.
D.  Agung menahan sakit akibat cambukan ikat pinggang Bapak.

27.    Bacalah  kutipan teks  berikut!
Bunga desa itu duduk di taman bunga di tengah kota Belinyu. Sayang bunga desa itu tak mau beranjak dari tempat duduknya  sejak kekasih pujaan hati berjanji untuk  berjumpa di taman bunga itu. Bunga yang mekar di taman itu  menyambut dengan tersenyum dan banyak orang mengganggapnya gila.
Makna simbol kata bunga dalam kutipan cerpen tersebu adalah ....
A.  Gadis cantik
B.  Gadis lugu
C.  Primadona
D.  Anak gadis

28.    Bacalah kutipan teks berikut!
Kura-Kura Pemanjat Pohon
Dahulu kala hiduplah seekor Tupai yang sangat pandai memanjat pohon. Ia dapat memanjat pohon tinggi untuk memetik buah-buahan segar.
”Kamu sangat beruntung. Kamu makan buah-buahan segar yang lezat tiap hari,” ujar Kura-Kura. Ia sangat sedih karena tidak makan buah-buahan segar seperti Tupai.
”Saya kira kamu tidak dapat memanjat pohon. Lihatlah dirimu! Kaki-kakimu pendek, cangkangmu besar dan kepalu jelek, Kamu terlalu berat memanjat sebuah pohon!” Kata Tupai kepada Kura-Kura.
Kura-Kura sangat sedih. Akan tetapi, ia menerima kenyataan bahwa telah menciptakannya seperti itu. Kura-Kura malang hanya berdiri di bawah pohon dan memakan sisa buah yang dijatuhkan ke tanah oleh Tupai
”Seandainya saya dapat memanjat pohon, seperti Tupai, hidupku akan lebih baik.” Kata Kura-kura sedih. Sementara itu, Tupai makan buah-buahan dengan lahapnya di atas pohon.
 Dikutip dari : Didik Djunaedi, Kura-Kura Pemanjat Pohon, Bekasi, Cahaya Pustaka Raga, 2008
Amanat dalam kutipan cerita fabel tersebut adalah…
A.  Perbuatan jahat akan mendapat balasan
B.   Bantulah teman yang terkena musibah
C.   Jangan terlena jika mendapat pujian
D.  Jangan menganggap remeh orang lain




29.    Bacalah kutipan teks berikut!
Rusa dan Kura-Kura
Pada suatu  hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja.
"Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura.
"Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki. Si rusa sangat marah mendengar tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu.
"Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku  menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
Si rusa kian marah mendengar ucapan si kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
Ketika si rusa mengayunkan kakinya, si kura-kura segera memasukkan kaki-kakinya ke dalam tempurungnya. Tendangan rusa hanya mengenai tempat kosong. Si rusa sangat marah mendapati tendangannya tidak mengena. Ia lantas menginjak tempurung si kura-kura dengan kuat. Akibatnya tubuh si kura-kura terbenam ke dalam tanah. Si Rusa menyangka si kura-kura telah mati. Ia pun meninggalkan si kura-kura.
Nilai kehidupan moral yang terdapat pada kutipan cerita fabel tersebut adalah...
A.       Kesombongan hanya akan mendatangkan  kerugian dan penyesalan di kemudian hari.
B.       Kesabaran  kura-kura menghadapi rusa tak terbatas.
C.    Rusa tidak marah tantangannya di tolak kura-kura.
D.    Rusa tidak marah kura-kura menantangnya.

30.    Bacalah kutipan teks berikut!
Hiu dan Lumba-lumba
Ikan hiu dan lumba-lumba mempunyai perangai yang berbeda, tetapi mereka tetap bersahabat, ikan hiu dikenal mempunyai sifat serakah, ganas, dan kejam. Berlawanan dengan sifat lumba-lumba yang penyabar dan bijak. Meskipun demikian mereka selalu bersama saat mencari makan.
Watak ikan hiu dan lumba-lumba digambarkan melalui...
A.       Percakapan tokoh dengan tokoh lain.
B.       Cerita langsung pengarang.
C.       Perbuatan tokoh.
D.       Kebiasaan tokoh.

31.    Bacalah kutipan teks berikut!
Sebenarnya, kalau ingat sikap Gagak yang sebelumnya tak menyenangkan, ingin rasanya Si Tikus tidak menolongnya. Buat apa menolong Si Gagak yang pernah menyakiti hatinya. Akan tetapi, kejahatan  tidak boleh dibalas dengan kejahatan pula. Mengutamakan kebaikan diatas segalanya, itulah yang terbaik. Begitulah nasihat  dari Si Kakak tua yang bersembayam dihatinya.

Kesimpulan akibat konflik cerita diatas adalah....
A.       Tikus mau membatu Gagak
B.       Gagak tidak mau dibantu Tikus
C.       Tikus tidak mau membantu Gagak
D.       Tikus mau membantu Gagak dengan syarat Gagak harus menurut apa kata Tikus

32.    Bacalah kutipan  teks berikut!
Suatu hari seekor laba-laba sedang merajut jaring-jaring diranting-ranting pohon. Setelah jaring-jaring itu selesai, laba-laba diam menunggu mangsa. Tak lama kemudian ada seekor capung hinggap di sepucuk daun dekat jaringnya. Ia sedang beristirahat sambil memperhatikan laba-laba. Tiba-tiba seekor lalat terbang menabrak jaring-jaring itu.laba-laba pun bergegas mendekat dan menangkap lalat  yang terjebak itu.
Capung kecil berkata pada laba-laba:’ laba-laba temanku, kamu sungguh beruntung. Kamu hanya merajut jaring-jaring, maka makanan akan datang sendiri menghampirimu.’
Isi komentar teks tersebut adalah..... 
A.       Penggunaan bahasanya kurang efektif
B.       Kalimat yang digunakan  pada  kutipan fabel tersebut tepat.
C.       Kutipan tabel tersebut menggunakan kalimat yang tidak baku.
D.       Kutipan fabel tersebut menggunakan kalimat langsung.
33.    Perhatikan paragraf berikut!
1.         Pada 2006 misalnya, anggaran jawatan dinas presiden Rp 75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp 175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp 180 miliar.
2.         Pada masa pemerintahan Susila Bambang Yudoyono (SBY) jilid 2, wacana ini kembali muncul.
3.         Sekretaris negara mengklim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri dari pada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti yang selama ini dilakukan.
4.         Dalam penghitungan baru, pesawat untuk RI -1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp 114 miliar per tahun.
5.         Sistem carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan biaya terus meningkat.

Susunlah kalimat berikut ini menjadi paragraf padu....
A.       2-3-1-4-5
B.       3-4-5-1-2
C.       1-2-3-4-5
D.       5-4-3-2-1

34.    Cermati paragraf berikut!
1)Di desa itu Pak Karta termasuk petani yang berhasil. 2) [……..] 3)Tahun 1990 ia mulai hanya dengan satu hektar lahan kering di sebelah barat desanya. 4)Dua tahun kemudian tidak kurang 40% lahan pertanian di desanya telah menjadi miliknya. 5)Selang lima tahun kemudian, bahkan dia telah menguasai beberapa hektar lahan di luar desanya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat (2) tersebut adalah….
A.       Luas lahan pertaniannya bertambah dari tahun ke tahun.
B.       Usahanya semakin meningkat pesat setelah beberapa tahun ini.
C.       Beliau dikatakan petani berhasil karena keuletannya dalam bekerja
D.       Keberhasilannya ditunjukkan dengan bertambahnya lahan pertanian.

35.    Cermati teks petunjuk dibawah ini!
a.    Potong daging ayam dengan ukuran sedang
b.    cucilah daging ayam tersebut sampai bersih
c.    Haluskan bawang putih, lada, ggaram, dan tambahkan sedikit air
d.   […..]
e.    kocoklah satu butir telur
f.     […..]
g.    siapkan tepung bumbu
h.    guling-gulingkan daging ayam tersebut ke dalam tepung
i.      Siapkan minyak gorreng panas
j.      Gorenglah ayam hingga masak.

Urutan kalimat yang sesuai untuk nomor 4 dan nomor 6 adalah….
A.  Masukkan bumbu halus ke dalam telur.
Gorenglah daging ayam dengan telur
B.  Lumuri daging ayam dengan bumbu halus.
Gorenglah daging ayam dengan telur.
C.  Campurkan bumbu halus dengan daging ayam.
Gorenglah daging ayam dengan telur
D.  Rendamlah daging ayam dengan bumbu tersebut selama 10 menit.
Masukkan daging ayam ke dalam telur

36.    Perhatikan teks berikut!
Kura-kura merasa malu, tetapi ia tidak menyerah. Ia terus berusaha seharian. Ia ingin membuktikan pada tupai bahwa ia seekor kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. Ia berhasil memanjat pohon.
Bentuk lain dari  teks tersebut adalah…..
A.  Kura-kura merasa malu, tetapi ia tidak menyerah. Ia terus berusaha seharian. Ia ingin membuktikan pada tupai bahwa ia seekor kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. Ia berhasil memanjat pohon.
B.  Kura-kura merasa malu, tetapi saya tidak menyerah. saya terus berusaha seharian. saya ingin membuktikan pada tupai bahwa saya seekor kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. saya berhasil memanjat pohon.
C.  Kura-kura merasa malu, tetapi ia tidak menyerah. Ia terus berusaha seharian. Ia ingin membuktikan pada tupai bahwa ia seekor kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. saya berhasil memanjat pohon.
D.  Kura-kura merasa malu, tetapi aku tidak menyerah. aku terus berusaha seharian. aku ingin membuktikan pada tupai bahwa aku seekor kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. aku berhasil memanjat pohon.

37.    Perhatikan kutipan laporan berikut!
Pengamatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 28 September 2015. Lokasi pengamatan dilakukan di perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam. Metode yang kami gunakan adalah metode wawancara. Kami mengadakan wawancara dengan seorang penjaga perpustakaan. Melalui pengamatan tersebut, kami ingin mengetahui keadaan dan perkembangan perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam. Dalam melakukan pengamatan tersebut, kami terjun langsung mengamati perpustakaan yang berada di samping ruang guru.
Teks berdasarkan data tersebut adalah…
A.    Letak perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam
B.     Jumlah penjaga perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam
C.     Kegiatan siswa SMP Negeri 3 Bakam di perpustakaan
D.    Keadaan dan perkembangan perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam

38.    Perhatikan teks berikut!
Kura-kura dan dua ekor angsa
“Bisakah engkau membantu saya pergi hari ini ke danau yang lain?” tambah kura-kura. “Tapi itu tidak aman untuk kamu dengan merangkak ke danau yang lain,” kata salah satu angsa yang lain. “Baik kamu bisa mengangkat saya ke sana dengan menumpang dua diantara kamu,” jawab si kura-kura sambil merasa bahagia dengan dirinya sendiri. “Bagaimana kita bisa melakukannya?” Tanya kedua angsa sambil bersamaan.” Masing-masing bisa memegang ujung kayu diparuhmu. Saya memegang kayu tengahnya dimulutku. Saat kamu terbang, saya bisa ikut dengan kamu,” kata kura-kura.” Rencana yang bagus sekali,” kata angsa-angsa tersebut.
Nilai moral dari teks cerita fabel di atas adalah….
A.  Dua ekor angsa mengajar berkelakuan baik tehadap kura-kura yang membutuhkan bantuan
B.   Ajaran dua ekor angsa untuk bertata karma yang baik terhadap kura-kura
C.   Ajaran bergotong-royong sesama teman
D.  Kura-kura yang mengajar berbuat baik

39.    Perhatikan paragraf berikut!
1)Tuhan telah menciptakan mahkluk hidup seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. 2)Manusia diberi akal dan pikiran untuk bisa hidup berdampingan. 3)binatang juga diberi akal dan pikiran untuk dapat hidup dan bekerja. 4) Tumbuhan-tumbuhan diciptakan untuk dapat memberi manfaat kepada manusia, dijaga dan dirawat keberadaannya. 5) Jadi antara manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan saling membutuhkan satu sama lainnya.
Kalimat yang salah dalam paragraf di atas adalah nomor…
A.  1                      C. 3
B.   2                      D. 4 dan 5
40.    Jangan … meja dengan batu
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
A.  Pukul-pukul
B.   Memukul-mukul
C.   Memukul-mukuli
D.  Berpukul-pukulan

41.    Suara penyanyi itu tak terlihat lagi
       Perbaikan kata yang tepat dalam kalimat di atas adalah…
a.       Terdengar  
b.      Terngiang
c.       Tercium 
d.      Terpandang

42.    Perhatikan kutipan cerpen berikut! 
Andin berjalan menyusuri lorong sekolah dengan tergesa-gesa. Hari ini ada ulangan Matematika yang sangat ditakutinya. Andin beberapa kali mengutuk dirinya sendiri karena semalam lupa belajar. Sampai di mejanya, Andin langsung menyambar buku Matematikanya yang sudah ia tenteng sejak tadi.
“Kamu ngapain , An?” Mia teman sebangku Andin menegur Andin yang sibuk membolak-balik buku Matematika. “Ya, belajarlah. Eh, kamu sudah belajar belum?” Andin balik bertanya. Mia menggeleng sambil mengerutkan kening.
“Kamu demam ya, An? Hari ini kan nggak ada pelajaran Matematika.” Andin kaget lalu mengerutkan kening mendengar kata-kata Mia. “Andin… Andin… ini hari Selasa. Ulangan Matematikanya hari Rabu,” Mia tertawa keras melihat perilaku Andin…
Bentuk lain dari teks cerpen di atas diubah ke dalam bentuk drama adalah…
A.    Andin : (Sibuk membolak-balik buku Matematika)
Mia      : (Menghampiri Andin) Kamu ngapain, An?
Andin : Ya, belajarlah. (dengan muka marah karena diganggu)
Mia      : Oh, maaf. Kamu demam ya, An?
Andin : (menggeleng sambil asyik membaca)
Mia      : Andin… Andin, hari ini kan nggak ada ulangan Matematika.
Andin : (kaget dan tertawa)
B.     Mia      : Andin, kamu sudah belajar buat ulangan Matematika
belum?
Andin : (menggeleng) Aku lupa, Mia.
Mia      : Tenang saja, An. Ulangan Matematikanya masih besok kok. (tertawa)
Andin : Yang bener kamu, Mia? Aku lupa belajar nih.
Mia      : (Mengangguk) iya, ini kan hari Selasa. (tertawa)
C.     Andin : (Sibuk membolak-balik buku Matematika)
Mia      : (Menghampiri Andin) Kamu ngapain, An?
Andin : Ya, belajarlah. Eh, kamu sudah belajar belum?
Mia      : (Menggeleng sambil mengerutkan kening bingung) kamu demam ya, An? Hari ini kan   nggak ada pelajaran Matematika.
Andin : (terkejut)
Mia      : Andin… Andin… ini hari Selasa.an Matematikanya besok hari Rabu. (tertawa)
D.    Mia      : Andin, kamu ngapain?
Andin : Ya, belajarlah. Eh, kamu sudah belajar belum? (menyindir)
Mia      : (Menggeleng) Belajar apa?
Andin : (Tersenyum) hari ini kan ulangan Matematika. Kamu gimana sih, Mia?
Mia      : (Tertawa) Tapi ini hari Selasa, An. Kita ulangan Matematika besok hari Rabu.

43.    Siswa SMP Negeri 3 Bakam mengadakan kunjungan ke lahan pertanian milik Desa Neknang. Maksud  kunjungan mereka ingin mengetahui kondisi lahan pertanian Desa Neknang.
Teks laporan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A.  Kunjungan yang dilakukan Siswa SMP Negeri 3 Bakam bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan.
B.   Lahan pertanian milik Desa Neknang sudah dikerjakan sejak tahun 1995. Lahan pertanian ini menjadi tulang punggung produksi desa. Namun, saat ini lahan pertanian di Desa Neknang telah berkurang karena adanya alih fungsi lahan pertanian.
C.   SMP Negeri 3 Bakam sering mengadakan penelitian terhadap lahan pertanian. Penelitian ini dilakukan satu tahun sekali dan melibatkan seluruh siswa SMP Negeri 3 Bakam.
D.  SMP Negeri 3 Bakam mengadakan penelitian dengan inisiatif dan biaya sendiri. SMP Negeri 3 Bakam menyadari bahwa lahan pertanian sangat penting bagi produksi padi.

44.    Perhatikan teks berikut!
(1)Tsunami menciptakan saat permukaan dasar laut yang bergerak naik turun (pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi. (2) Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan.
Perbaikan kalimat nomor (1) yang tepat adalah . . .
A.   Tsunami menciptakan saat permukaan dasar laut yang bergerak naik turun (pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.
B.    Tsunami penciptaan saat permukaan dasar laut  bergerak naik turun (pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.
C.    Tsunami pencipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun (pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.
D.   Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun (pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.           

45.    Bacalah teks berikut!
1) Mario Teguh seorang motivator dari Indonesia. 2) Ia berperawakan sedang, pembawaannya tenang, dan bertutur kata halus serta sopan. 3) Ciri khasnya adalah selalu tersenyum dan berkata salam super. 4) Ia mulai dikenal oleh masyarakat ketika membawakan acara Mario Teguh Golden Ways, di Metro TV. 5) Pada 2003, mereka mendapat penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia. Pada 2010, ia kembali meraih penghargaan dari MURI sebagai motivator dengan halaman penggemar Facebook terbesar di Indonesia.
Alasan kesalahan penggunaan kalimat ( no. 5) dalam paragraf adalah . . .
A.    Kalimat ini tidak logis, karena kata ganti mereka untuk jamak, bukan untuk orang ketiga tunggal ia atau dia.
B.     Kalimat ini tidak logis, karena yang mendapat penghargaan itu adalah Metro TV.
C.     Kalimat ini seharusnya kalimat utama, bukan kalimat penjelas.
D.    Kalimat ini diawali dengan keterangan waktu.
46.    Saya, Amir, Mirna, dan Dono, sedang berlatih basket.
Kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah ...
A.  Tanda titi koma (;) setelah kata saya
B.   Tanda koma (,) setelah kata Amir
C.   Tanda koma (,) setelah kata Mirna
D.  Tanda koma (,) setelah kata Dono
47.    Penggunaan ejaan yang tepat terdapat dalam kalimat . . .
A. Mira mau ke apotik.
B. Marni akan praktik berpidato besok.
C. Jane lahir 29 Pebruari 2012.
D. Sembako itu sudah diterima Jumat kemarin.
48.    Ibu Rini akan menghadiri rapat pada Senin 25 April 2013
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah . . .
A.  Ibu Rini akan menghadiri rapat pada Senin, 25 April 2013.
B.  Ibu Rini akan menghadiri rapat pada Senin; 25 April 2013.
C.  Ibu Rini akan menghadiri rapat pada Senin: 25 April 2013.
D.  Ibu Rini akan menghadiri rapat pada Senin, 25-April-2013.
49.    Ari berkata, “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia!”
Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat di tersebut adalah . . .
A.  Ari berkata. “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia!”
B.   Ari berkata; “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia!”
C.   Ari berkata, “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.”
D.  Ari berkata: “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.”
50.    Dia mau kekelas.
Alasan kesalahan penggunaan ejaan pada kata dicetak miring dalam kalimat tersebut adalah . . .
A.  Setelah keterangan tempat tidak boleh kata depan ke.
B.   Sebelum keterangan tempat tidak boleh kata depan ke.
C.   Penulisan kata depan ke diserangkaikan.
D.  Penulisan kata depan ke ditulis terpisah.









0 comments:

Post a Comment

 

Translate

Blogger news

Blogroll

About