1. Bacalah
teks berikut ini!
Gunung
Slamet terus menunjukan aktivitas vulkanik. Aktivitas kegempaan berupa gempa tremor cenderung meningkat.
Adapun gempa dan letusan terpantau
fluktuatif. Aktivitas vulkanik yang teramati adalah embusan asap dengan ketinggian
100-400m.
|
Makna kata yang bercetak miring pada
teks tersebut adalah...
A.
Mengeluarkan
abu
B.
Melakukan kegiatan
C.
Menerbangkan
asap
D.
Menghamburkan
abu
2. Bacalah teks berikut ini !
(1)Joy
dinobatkan sebagai pemenang pertama Indonesian
Idol. (2) Kemenangan itu diraih
berdasarkan 4 juta sms dan telepon pemirsa. (3)Hasil dari kumpulan sms
dan telepon itu dikirim kepada panitia
kegiatan.
|
Makna kalimat nomor 2 pada teks
tersebut adalah….
A.
Joy meraih juara pertama Indonesian
Idol dengan 4 juta sms
B.
Joy
menduduki juara Indonesian Idol karena suaranya bagus
C.
Joy
sudah menjadi Indonesian Idol dan memang pantas
D. Joy betul-betul
sesuai menjadi juara pertama Indonesian
Idol
3. Bacalah teks berikut !
Mengajak
anak-anak menyelamatkan lingkungan secara tidak langsung telah menanamkan
rasa cinta dan pentingnya menghargai lingkungan hidup. Kebiasaan ramah
lingkungan yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat menjadi gaya hidup
anak pada usia dewasa.
|
Kelompok kata
yang terdapat dalam teks tersebut adalah....
A.
Lingkungan hidup
B.
Menyelamatkan
lingkungan
C.
Menghargai
lingkungan
D.
Cinta
lingkungan
4.
Pemerintah
tidak memberikan izin untuk membangun
mal di kawasan itu.
Kata yang tidak baku dalam kalimat
tersebut adalah ....
a.
Mall
b.
Ijin
c. Kawasan
d. itu
5. Bacalah teks berikut!
Troides
Helena
nama kupu-kupu itu, memiliki penting bagi keseimbangan ekosistem alam.
Dikenal sebagai kupu-kupu besar “common
birwing “, Troides Helena yang
merupakan salah satu sepesies kupu-kupu Indonesia ini berhadapan dengan
ancaman kepunahan. Pohon-pohon, semak dan tanaman yang menjadi
habitatnya makin tergerus. Dengan
rentang hidup yang hanya dua bulan sebagai bagian dari tahapan metamorfosa,
upaya perlindungan dan pelestarian adalah keniscayaan. Tanpa konservasi, kupu-kupu itu akan punah.
|
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks
tersebut adalah...
A. Bagaimana
melestarikan Troides Helena?
B. Mengapa
Troides Helena Terancam punah?
C. Dimanakah
penangkaran Troides Helena?
D. Apa peranan
Troides Helena dalam menyeimbangkan alam?
6. Bacalah
biografi tokoh berikut ini dengan saksama, kemudian jawablah nomor 7 dan 8 !
Barack Hussein Obama lahir 4 Agustus
1961, dia adalah Presiden ke-44
Amerika Serikat. Dia adalah orang
African American pertama yang memegang jabatan penting sebagai presiden Amerika
Serikat.Obama adalah Senator dari Illionis Amerika yang menjabat dari 3
Januari 2005 hingga 16 November 2008, setelah itu maju ke pemilihan presiden
Amerika Serikat. Dia diambil sumpah sebagai presiden pada tangaal 20 Januari
2009 dalam sebuah upacara perdana di US Capitol. Obama adalah lulusan
Columbia University dan Harvard Law School, di mana dia adalah orang pertama
keturunan Afrika-Amerika yang menjadi presiden AS dari Harvard Law (Fakultas
Hukum Harvard University).
Dia bekerja sebagai organizer
masyarakat, dan juga bekerja sebagai pengacara hak-hak sipil di Chicago. Dia
juga mengajar hukum Konstitusi di University of Chicago Law School dari 1992
sampai 2004. Setelah gagal membuat tawaran untuk kursi di DPR AS tahun 2000,
Obama terpilih menjadi Senat pada November 2004. Obama menyampaikan intisari
alamat Konvensi Nasional Demokrat Juli 2004.
(Dikutip dari :
http;//kolom.biografi.blogspot.com/ 2009)
|
Keistimewaan tokoh dalam biografi
tersebut adalah ...
A.
Obama
lahir 4 Agustus 1961
B.
Obama
diambil sumpah pada acara perdana di US Capitol
C.
Obama merupakan orang Afican-America pertama menjadi presiden AS
D.
Obama adalah orang pertama keturunan Afrika Amerika lulusan Columbia Univercity
7.
Sifat
tokoh yang patut diteladani dalam biografi tersebut adalah ...
A.
pekerja keras
B.
suka
berorganisasi
C.
berambisi
menjadi tokoh terkenal
D.
berani
menghadapi tantangan
8.
Bacalah teks
berikut!
(1)Bacharuddin Jusuf Habibie atau
akrab disebut B.J.Habibie adalah presiden ketiga RI. (2) B.J.Habibie lahir di
Pare-Pare Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 dan memiliki kegemaran menunggang
kuda serta membaca (3) Ketika kuliah, beliau mendapatkan beasiswa untuk
bersekolah di Jerman (4) Beliau disebut sebagai bapak dirgantara Indonesia.
|
Kalimat pendapat pada teks diatas
terdapat pada nomor ....
A.
1 C. 3
B.
2 D. 4
9.
Bacalah teks
berikut!
Pelangi di
langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel.
Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena karena sinar matahari
lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada
tinggi di langit pada siang hari. Pelangi tidak akan tampak pada malam hari
atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil
dari pembiasan cahaya. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes
hujan, kemudian di belokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga
memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum. Pelangi hanya dapat di lihat
saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tapi dari sisi yang berlawanan
dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan
terkesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Mata si pengamat dan
pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan
panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang
memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian
luar.
|
Peristiwa yang terjadi dalam teks
tersebut adalah ...
A.
Proses terjadinya pelangi
B.
Proses
terjadinya pembiasan cahaya
C.
Proses
terjadinya cahaya langit
D.
Proses
terjadinya warna pelangi
10.
Bacalah teks
berikut!
(1) Orang yang pintar pada umumnya
tidak sombong. (2) Mereka selalu
merendah karena orang yang pintar biasanya adalah orang yang bijak. Jika
mereka berargument, mereka sangat tenang dalam memberikan penjelasan, orang-orang
ini biasanya menjadi idola dilingkungan pertemanannya. (3) Berbeda dengan
orang yang bodoh yang selalu terlihat arogan dan menganggap dirinya adalah
yang terbaik dengan cara menyombongkan diri. (4) Akibatnya, orang-orang bodoh
ini tidak disukai oleh siapa pun. (6) Oleh karena itu, jadilah orang pintar
yang rendah hati, dari pada orang bodoh yang tinggi hati.
|
Kalimat yang menunjukkan pertentangan
ditunjukkan oleh nomor ....
A.
1 C. 3
B.
2
D. 4
11. Bacalah teks berikut!
(1)Harimau digolongkan menjadi hewan
pemangsa daging. (2) Selain itu, harimau juga merupakan hewan bertaring yang
sangat buas. (3) Saat ini, harimau diambang kepunahan sehingga harus
dikembangbiakkan di penangkaran. (4) Lingkungan hidup harimau yang sebenarnya
adalah hutan rimba. (5) Meskipun dalam penangkaran, harimau tetap hewan yang
berbahaya.
|
Kalimat
deskriptif terdapat pada nomor ....
A.
(1) dan (3) C. (2) dan (4)
B.
(3)
dan (5) D. (2) dan (5)
12.
Bacalah teks
berikut!
Bawang putih
telah lama dikenal sebagai bahan makanan penyedap rasa dan penambah aroma
makanan. Rempah-rempah ini ternyata memiliki khasiat yang sangat mengagumkan.
Memakan satu siung bawang putih setiap hari dapat menghindarkan diri dari
beberapa penyakit mematikan. Cara mengkonsumsi bawang putih dapat direbus
dengan air kemudian diminum airnya atau dapat langsung dimakan dengan diiris
tipis kemudian dicampur dengan berbagai makanan. Beberapa manfaat bawang
putih untuk kesehatan tubuh kita adalah: menurunkan tekanan darah tinggi,
mencegah pengerasan pembuluh darah, mencegah kanker saluran pencernaan, mencegah
gigitan kutu, dan mengobati infeksi jamur.
|
Ide pokok dari teks diatas adalah ....
A.
Cara
mengkonsumsi bawang putih setiap hari
B.
Manfaat yang terdapat pada bawang putih
C.
Penyakit
yang dapat dihindari dengan mengkonsumsi bawang putih
D.
Bawang
putih sebagai bahan penyedap makanan
13.
Bacalah kutipan
teks berikut!
Tape ketan
hitam merupakan salah satu bentuk hasil hasil fermentasi dari ketan hitam
secara tradisional. Tape ketan hitam biasa dimakan langsung atau dicampur
dengan es yang segar. Tape ketan hitam biasa disajikan dengan bungkusan daun
pisang. Perbandingan yang tepat akan menghasilkan tape ketan yang manis dan
segar. Pembuatan tape ketan hitam membutuhkan perbandingan 1kg ketan hitam, 2
butir ragi tape, daun pandan, dan 5 gelas air.
Cara
pembuatannya adalah dengan memasak ketan hitam terlebih dahulu. Setelah ketan
hitam matang, pindahkan ketempat yang datar seperti nampan minuman yang cukup
besar agar dingin. Haluskan ragi tape kemudian taburkan diatas ketan hitam
yang telah dingin dan campur rata. Setelah ketan hitam tercampur rata dengan
ragi, pindahkan lagi kedalam panci dan tutup rapat panci tersebut agar
oksigen tidak dapat masuk. Tunggu
proses fermentasi selama 4-5 hari.
Selama proses
fermentasi, panci yang berisi ketan hitam tidak boleh dibuka karena
memungkinkan oksigen masuk kedalam panci sehingga proses fermentasi ketan
hitam tidak sempurna. Proses fermentasi yang sempurna akan membuat tape ketan
hitam memiliki rasa yang manis dan segar, sedangkan proses fermentasi yang
tidak sempurna akan membuat rasa tape ketan hitam menjadi masam bahkan sangat
masam.
|
Simpulan
isi teks diatas adalah ...
A.
Proses
fermentasi tape ketan hitam yang sempurna akan menghasilkan rasa tape ketan
hitam manis yang manis dan segar.
B.
Tape
ketan hitam dibuat dengan cara mencampurkan ketan hitam dengan ragi kemudian
difermentasikan.
C.
Tape ketan hitam yang manis dan segar dapat dihasilkan dengan
mencampurkan bahan-bahan sesuai perbandingan dan melakukan fermentasi yang
sempurna.
D.
Proses
pembuatan tape ketan hitam dilakukan dengan menyimpan ketan hitam yang telah
dicampur ragi dalam panci.
14.
Bacalah teks
berikut!
(1) Pengguna facebook saat ini telah mencapai
milyaran orang di dunia. (2) Mulai dari bertukar informasi dengan teman
hingga berjualan secara online. (3)
Berjualan online dengan menggunakan
facebook memang lebih mudah dan
lebih efisien daripada berjualan lewat mulut ke mulut (4) Penggunaan facebook memang sah-sah saja selama
itu digunakan secara positif. (5) Tetapi, saat ini banyak sekali aksi
kriminal yang dilakukan melalui akun facebook.
(6) Selain, digunakan untuk aksi kriminal, penggunaan facebook juga hanya
digunakan untuk ajang kopi darat. (7) Hal ini dirasa hanya membuang waktu dan
uang saja.
|
Kalimat sanggahan yang tepat dari teks
diatas adalah....
A.
(1)
(2) dan (3) C. (4)
(5) dan (6)
B.
(5) (6) dan (7) D.
(2) (3) dan (4)
15. Bacalah teks berikut ini!
Banyak anak usia wajib belajar putus
sekolah. Mereka harus bekerja membantu ekonomi keluarga. Kondisi itu harus
menjadi perhatian pemerintah karena anak usia wajib belajar harus
menyelesaikan pendidikan SD-SMP tanpa
hambatan, termasuk persoalan biaya.
Awalnya membantu orang tua, lalu
mereka terjebak menjadi pekerjaan permanen. Mereka sering bolos sekolah.
Akhirnya, mereka putus sekolah. Pihak sekolah tidak memberikan perhatian
penuh kepada anak putus sekolah. Mereka sibuk menciptakan sekolah terbaik dan
bergengsi. Mereka merasa BOS bagi anak miskin sudah cukup.
Kenyataannya BOS bagi anak-anak dari
keluarga miskin belum cukup. Pemerintah dan sekolah harus memikirkan
pemberian beasiswa tambahan untuk pembelian seragam dan alat tulis.
Pemerintah juga harus memperhatikan biaya transportasi dari rumah ke sekolah.
Jadi, anak-anak usia wajib belajar tidak terbebani dengan biaya pendidikan.
|
Ringkasan tepat
sesuai teks tersebut adalah......
A. Banyak anak
putus sekolah harus bekerja membantu ekonomi keluarga. Mereka harus membagi
waktu antara belajar dan bekerja. Sekali-kali mereka membolos saat pelajaran.
Akibatnya, mereka mendapat teguran dari pihak sekolah. Mereka memberi alasan
masuk akal. BOS bagi mereka belum cukup. Mereka masih memiliki kewajiban
membeli seragam dan alat tulis.
B. Pemerintah harus
memberi perhatian khusus kepada anak dari keluarga miskin usia wajib belajar.
Mereka harus menyelesaikan pendidikan SD-SMP tanpa hambatan, termasuk persoalan
biaya. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, salah satunya dengan
pemberian BOS. Kenyataan di lapangan BOS bagi anak-anak dari keluarga miskin
belum cukup. Anak-anak tersebut masih membeli seragam dan alat tulis.
C. Banyak
anak usia wajib belajar putus sekolah karena membantu orang tuanya. Mereka
harus menjadi perhatian pemerintah. Seharusnya mereka menyelesaikan pendidikan
SD-SMP tanpa hambatan, termasuk persoalan biaya. Sementara itu, pihak sekolah
merasa BOS bagi anak-anak dari keluarga miskin sudah cukup. Kenyataannya, BOS
bagi mereka belum cukup. Mereka masih memiliki kewajiban membeli seragam dan
alat tulis.
D. Salah satu
faktor penyebab banyak anak putus sekolah yaitu ekonomi keluarga. Mereka rela
tidak sekolah agar dapat membantu orang tua bekerja. Masalah ini harus menjadi
perhatian serius bagi pemerintah. Kenyataannya, BOS bagi anak-anak dari
keluarga miskin belum memecahkan masalah tersebut.
16.
Bacalah kedua
kutipan teks berikut !
Kutipan teks 1
Kesalahan
dalam membuat kebijakan dan peraturan berakibat fatal. Arah pengembangan
pembangunan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat untuk menampung lebih
banyak lapangan kerja.
Jika
kondisi tersebut berlarut-larut, masalah pengangguran sulit untuk bisa
diselesaikan. Sedangkan kesempatan kerja bagi calon pegawai negeri sipil
seperti sekarang ini hanyalah permen untuk menyenangkan hati, bukan
menyelesaikan persoalan.
|
Kutipan teks 2
Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di
sepanjang jalan Moch. Toha, Bandung, berjualan di tempat yang bukan semestinya.
Mereka berjualan di badan jalan. Kepala Satpol PP Kabupaten Bandung, Usman
Sayogi, mengatakan pihaknya akan segera menertibkan 556 lapak PKL di
Dayeuhkolot. Oleh karena itu, ratusan lapak yang berada di sepanjang jalan
Moch. Toha, mulai dari jembatan tol hingga jempatan Citarum harus di
tertibkan
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks
tersebut adalah ...
A. Teks 1
menggunakan kata jika
Teks 2
menggunakan kata yang
B.
Teks
1 menggunakan kata dalam
Teks 2
menggunakan kata di
C.
Teks
1 menggunakan kata untuk
Teks 2
menggunakan kata bukan
D. Teks 1
menggunakan kata sedangkan
Teks 2
menggunakan kata oleh karena itu
17. Bacalah kutipan teksberikut!
Bagi Anda
pelaku seni tari, penting kiranya membaca buku ini karena Anda tidak hanya
akan menemukan pembahasan tarinya saja, tetapi juga dapat langsung praktik
menarikannya. Buku ini dilengkapi gambar-gambar teknik gerak tari. Namun,
bagi Anda yang tidak memahami simbol-simbol teknik tari, tentu akan kesulitan
memahaminya. Untuk itu, Anda perlu menanyakan kepada pendidik atau sarjana
seni tari.
|
Kelemahan buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional
Melayu tersebut terdapat dalam kalimat.......
A.
Buku
Teknik Pembelajaran Dasar Tari
Tradisional Melayu membahas cara mempraktikan tarian
B.
Buku
Teknik Pembelajaran Dasar Tari Tradisional
Melayu membahas teori tentang tarian
C.
Buku Teknik Pembelajaran Dasar
Tari Tradisional Melayu menyajikan simbol-simbol tari yang tidak setiap
pembaca dapat memahaminya
D.
Buku
Teknik Pembelajaran Dasar Tari
Tradisional Melayu dilengkapi dengan gambar-gambar teknik gerak tari
18. Bacalah
kutipan teks berikut!
Suatu hari
seekor keledai pergi mencari seekor anjing gunung ke sebuah gunung yang
sangat tinggi. Keledai itu sengaja
mencari anjing gunung untuk berburu bersama di sebuah hutan yang cukup lebat
dan tidak lama keledai itu menaiki gunung akhirnya dia menemukan anjing
gunung sedang berjalan. Kemudian anjing
diajak untuk berburu bersama dan akhirnya anjing gunung menerima ajakan
dari sang keledai. Kini sang keledai dan
anjing gunung pergi ke hutan lebat.
Namun, sebelum mereka
memasuki hutan keledai menemui seekor mancan tutul yang sedang tiduran di
sebuah pohon besar. Sang keledai kemudian mengajak macan tutul itu pergi
berburu bersama dan macan tutul itupun menerima ajakan sang keledai.
|
Kelompok kata yang terdapat dalam teks di atas
adalah....
A.
Keledai
itu
B.
Anjing diajak
C.
Dia menemukan
D.
Mendaki
gunung
19. Bacalah kutipan teks berikut!
Hiduplah seekor rusa pada zaman
dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan
lain.Pada suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu
dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa
yang sedang engkau lakukan di sini?""Aku sedang mencari sumber
penghidupan," jawab si kura-kura.Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban
si kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya
mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah.
Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura. Si kura-kura
yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki. Si rusa
sangat marah mendengar tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun
meminta agar si kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu.
"Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"Si
kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang
betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
|
Alasan rusa marah kepada kura-kura adalah....
A.
Kura-kura
menyombongkan dirinya
B.
Kura-kura
ingin mengadu betis dengan rusa
C.
Kura-kura
hanya mondar-mandir
D.
Kura-kura
ingin mencari sumber kehidupan
20. Bacalah kutipan teks berikut!
Burung Gagak yang Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas
ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi
tidak menemukannya.Tiba-tiba
ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya. Ia
senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu
berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu
terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan
itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan
kekiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya
gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu
memasukkan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang
dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air
dari tempayan tersebut. Ternyata gagasan itu terwujud
|
Latar
suasana dalam kutipan teks tersebut adalah….
A. Terharu
B. Lega
C. Khawatir
D. Senang
22.
Bacalah kutipan teks berikut!
Kura-Kura Pemanjat Pohon
Dahulu kala hiduplah seekor Tupai yang sangat pandai
memanjat pohon. Ia dapat memanjat pohon tinggi untuk memetik buah-buahan
segar.
”Kamu sangat beruntung. Kamu makan buah-buahan segar
yang lezat tiap hari,” ujar Kura-Kura. Ia sangat sedih karena tidak makan
buah-buahan segar seperti Tupai.
”Saya kira kamu tidak dapat memanjat pohon. Lihatlah
dirimu! Kaki-kakimu pendek, cangkangmu besar dan kepalamu jelek, Kamu terlalu berat memanjat sebuah pohon!”
Kata Tupai kepada Kura-Kura.
Kura-Kura sangat sedih. Akan tetapi, ia menerima
kenyataan bahwa telah menciptakannya seperti itu. Kura-Kura malang hanya
berdiri di bawah pohon dan memakan sisa buah yang dijatuhkan ke tanah oleh
Tupai
”Seandainya saya
dapat memanjat pohon, seperti Tupai, hidupku akan lebih baik.” Kata Kura-kura
sedih. Sementara itu, Tupai makan buah-buahan dengan lahapnya di atas pohon.
|
Berdasarkan
isi cerita, Tupai memiliki watak.......
A. Sabar
B. Sombong
C. Baik
D.
Dengki
23.
Bacalah kutipan
teks berikut!
Anjing Gunung,
Keledai dan Macan Tutul
Suatu hari seekor keledai pergi
mencari seekor anjing gunung ke sebuah gunung yang sangat tinggi, keledai itu
sengaja mencari anjing gunung untuk berburu bersama di sebuah hutan yang
cukup lebat dan tidak lama keledai itu menaiki gunung akhirnya dia menemukan
seekor anjing gunung sedang berjalan. Kemudian anjing itu dia ajak untuk
berburu bersama dan akhirnya anjing gunung itu menerima ajakan dari sang
keledai, kini sang keledai dan anjing gunung pergi ke hutan lebat itu namun
sebelum mereka memasuki hutan itu sang keledai menemui seekor mancan tutul
yang sedang tiduran di sebuah pohon besar. Sang keledai kemudian mengajak
macan tutul itu pergi berburu bersama dan macan tutul itupun menerima ajakan
sang keledai.
Setelah sang keledai mengumpulkan
teman berburunya yaitu Anjing gunung dan Macan Tutul kini mereka pergi
bersama-sama memasuki hutan lebat untuk berburu bersama, mereka menangkap
hewan-hewan dengan kerjasama yang baik hewan apapun bisa mereka tangkap
dengan mudah mereka berburu mulai dari pagi hari sampai dengan sore hari.
Mereka berhasil mengumpulkan hewan-hewan tangkapannya kemudian mereka bawa ke
tempat terbuka dan mereka tumpuk hewan-hewan hasil buruan mereka. Hewan hasil
buruan mereka terdiri dari seekor kelinci, kambing, rusa, kerbau, kijang dan
uncal, kini waktunya mereka membagi-bgaikan hewan tangkapan mereka.
|
Tokoh utama dalam kutipan teks di atas
adalah ....
A.
Anjing
Gunung
B.
Macan
Tutul
C.
Keledai
D.
Kerinci
24.
Bacalah kutipan teks berikut!
Burung Gagak yang
Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas
ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi
tidak menemukannya.Tiba-tiba
ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya. Ia
senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu
berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu
terlalu sempit untuk kepalanya.
Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir.
Namun, tempayan itu terlalu berat baginya. Gagak itu lalu berpikir keras
sebentar. Ketika menengok ke kanan dan kekiri, ia melihat beberapa kerikil.
Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai
memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukkan setiap kerikil itu ke
dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh
karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut. Ternyata
gagasan itu terwujud.
Dikutip dari :
ttp//www.rumahdongeng.com/cerita-anak.php?id=203
|
Pernyataan sesuai dengan isi cerita dalam kutipan fabel
tersebut adalah.....
A. Kerikil yang dimasukkan ke dalam tempayan
menyebabkan air di dalam tempayan naik
B. Gagak berhasil
menggulingkan tempayan sehingga air dalam tempayan keluar
C. Gagak memasukkan
kerikil ke dalam tempayan menggunakan kakinya
D. Burung Gagak
menemukan tempayan berisi air dan kerikil
25. Bacalah kutipan teks berikut!
Ngatimo kembali mengedarkan pandangannya ke bukit
yang terhampar di depannya. Selama ini dia telah bekerja keras membuat
teras-teras di lerengnya, menanaminya dengan jagung, kacang, dan ketela
pohon. Dia telah menyandarkan hidupnya pada lereng bukit itu untuk hidup.
Pandangan Ngatimo kabur akibat rasa lapar yang menggigit dan silau matahari
yang menyengat. Mungkin, mungkin inilah saat-saat terakhir kalinya dia
mengerjakan tanah miliknya. Sejak saat ini pun, tanah ini sudah bukan
miliknya lagi. Usai panen depan, menurut Pak Lurah, di antara bukit-bukit
kapur itu akan berdiri bangunan pabrik, dan batu-batu kapur di balik bukit
itu pun akan dipangkas, dikuras sampai habis.Bangkit dari duduknya, setengah
terhuyung, Ngatimo berdiri menatap ke arah puncak bukit. Mungkin untuk
terakhir kalinya. Beberapa saat kemudian dia berbalik, berjalan pulang. Dia
merasa sudah saatnya harus menyingkir. Menyingkir, entah ke mana.
|
Tahapan
alur yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Pemunculan
konflik
B. Penyituasian
C.
Penyelesaian
D.
Klimaks
26.
Bacalah kutipan teks
berikut!
”Agung ...!”
panggil Bapak dengan suara yang cukup keras. Beberapa detik kemudian Agung
muncul. Melihat Alih ada di gendongan Bapak, hatinya berdegup.”Sini! Ikut
Bapak!” kata Bapak sambil berjalan.. Agung tahu, apa yang bakal terjadi.
Biasanya Bapak akan menasehatinya sambil menjewer telinganya. Setelah Alih
diberikan ke Ibu, Bapak masuk ke kamarnya.”Masuk!” kata Bapak, lalu menutup
pintu setelah Agung masuk.
”Kamu tahu
kesalahanmu?” tanya Bapak sambil melepas ikat pinggang.
”Tahu, Pak.”
jawab Agung
”Apa itu?”
”Alih Agung
dudukkan di tangkai pohon.”
”Bagus!
Dititipi Alih agar dijaga, malah Alih ditaruh di tangkai pohon dan kamu main
sendiri. Kamu tahu hukuman terhadap kesalahanmu?
”Tahu, Pak.”
”Hadap
belakang!” kata Bapak.
Lalu sebentar
kemudian Bapak mengayunkan ikat pinggangnya ke kaki Agung tiga kali. Agung
tampak mengumpulkan seluruh tenaganya untuk menahan sakit. Tapi apa daya,
ikat pinggang itu terlalu keras menghantam kakinya, sehingga rasa sakit itu
membuatnya meringis.
|
Kalimat konflik
yang terdapat pada kutipan cerpen
tersebut adalah ...
A. Bapak
menghukum Agung dengan mencambukkan ikat pinggang.
B. Bapak menitipkan
Alih pada Agung untuk dijaga saat Bapak pergi.
C. Agung mendudukkan
Alih di tangkai pohon.
D. Agung menahan
sakit akibat cambukan ikat pinggang Bapak.
27.
Bacalah kutipan teks berikut!
Bunga desa itu duduk di taman bunga di tengah
kota Belinyu. Sayang bunga desa itu tak mau beranjak dari tempat
duduknya sejak kekasih pujaan hati
berjanji untuk berjumpa di taman bunga
itu. Bunga yang mekar di taman itu
menyambut dengan tersenyum dan banyak orang mengganggapnya gila.
|
Makna simbol
kata bunga dalam kutipan cerpen tersebu adalah ....
A. Gadis
cantik
B. Gadis lugu
C. Primadona
D. Anak gadis
28.
Bacalah kutipan
teks berikut!
Kura-Kura Pemanjat Pohon
Dahulu kala hiduplah seekor Tupai yang sangat pandai
memanjat pohon. Ia dapat memanjat pohon tinggi untuk memetik buah-buahan
segar.
”Kamu sangat beruntung. Kamu makan buah-buahan segar
yang lezat tiap hari,” ujar Kura-Kura. Ia sangat sedih karena tidak makan buah-buahan
segar seperti Tupai.
”Saya kira kamu tidak dapat memanjat pohon. Lihatlah dirimu! Kaki-kakimu
pendek, cangkangmu besar dan kepalu jelek, Kamu terlalu berat memanjat sebuah
pohon!” Kata Tupai kepada Kura-Kura.
Kura-Kura sangat sedih. Akan tetapi, ia menerima
kenyataan bahwa telah menciptakannya seperti itu. Kura-Kura malang hanya
berdiri di bawah pohon dan memakan sisa buah yang dijatuhkan ke tanah oleh
Tupai
”Seandainya saya dapat memanjat pohon, seperti Tupai,
hidupku akan lebih baik.” Kata Kura-kura sedih. Sementara itu, Tupai makan
buah-buahan dengan lahapnya di atas pohon.
Dikutip dari : Didik Djunaedi, Kura-Kura Pemanjat
Pohon, Bekasi, Cahaya Pustaka Raga, 2008
|
Amanat dalam kutipan cerita fabel tersebut adalah…
A. Perbuatan jahat
akan mendapat balasan
B.
Bantulah
teman yang terkena musibah
C.
Jangan
terlena jika mendapat pujian
D. Jangan
menganggap remeh orang lain
29.
Bacalah kutipan teks
berikut!
Rusa dan
Kura-Kura
Pada
suatu hari si rusa berjalan-jalan di
pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir
saja.
"Kura-kura,
apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku
sedang mencari sumber penghidupan," jawab si kura-kura.
Si rusa
tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura.
"Jangan
berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun
berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si kura-kura
berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam
akan menginjak tubuh si kura-kura. Si kura-kura yang jengkel akhirnya
menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki. Si rusa sangat marah mendengar
tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si kura-kura
menendang betisnya terlebih dahulu.
"Tendanglah
sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si kura-kura
tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan
tidak bisa membalas menendangku."
Si rusa kian
marah mendengar ucapan si kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia
berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki
depannya sekuat-kuatnya.
Ketika si rusa
mengayunkan kakinya, si kura-kura segera memasukkan kaki-kakinya ke dalam
tempurungnya. Tendangan rusa hanya mengenai tempat kosong. Si rusa sangat
marah mendapati tendangannya tidak mengena. Ia lantas menginjak tempurung si
kura-kura dengan kuat. Akibatnya tubuh si kura-kura terbenam ke dalam tanah.
Si Rusa menyangka si kura-kura telah mati. Ia pun meninggalkan si kura-kura.
|
Nilai kehidupan moral yang terdapat pada kutipan
cerita fabel tersebut adalah...
A.
Kesombongan hanya akan mendatangkan
kerugian dan penyesalan di kemudian hari.
B.
Kesabaran kura-kura
menghadapi rusa tak terbatas.
C. Rusa tidak marah tantangannya di
tolak kura-kura.
D. Rusa tidak marah kura-kura
menantangnya.
30.
Bacalah kutipan
teks berikut!
Hiu dan
Lumba-lumba
Ikan
hiu dan lumba-lumba mempunyai perangai yang berbeda, tetapi mereka tetap
bersahabat, ikan hiu dikenal mempunyai sifat serakah, ganas, dan kejam.
Berlawanan dengan sifat lumba-lumba yang penyabar dan bijak. Meskipun demikian
mereka selalu bersama saat mencari makan.
|
Watak
ikan hiu dan lumba-lumba digambarkan melalui...
A.
Percakapan
tokoh dengan tokoh lain.
B.
Cerita langsung pengarang.
C.
Perbuatan
tokoh.
D.
Kebiasaan
tokoh.
31.
Bacalah kutipan
teks berikut!
Sebenarnya,
kalau ingat sikap Gagak yang sebelumnya tak menyenangkan, ingin rasanya Si
Tikus tidak menolongnya. Buat apa menolong Si Gagak yang pernah menyakiti
hatinya. Akan tetapi, kejahatan tidak
boleh dibalas dengan kejahatan pula. Mengutamakan kebaikan diatas segalanya,
itulah yang terbaik. Begitulah nasihat
dari Si Kakak tua yang bersembayam dihatinya.
|
Kesimpulan
akibat konflik cerita diatas adalah....
A.
Tikus mau membatu Gagak
B.
Gagak
tidak mau dibantu Tikus
C.
Tikus
tidak mau membantu Gagak
D.
Tikus
mau membantu Gagak dengan syarat Gagak harus menurut apa kata Tikus
32.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Suatu
hari seekor laba-laba sedang merajut jaring-jaring diranting-ranting pohon.
Setelah jaring-jaring itu selesai, laba-laba diam menunggu mangsa. Tak lama
kemudian ada seekor capung hinggap di sepucuk daun dekat jaringnya. Ia sedang
beristirahat sambil memperhatikan laba-laba. Tiba-tiba seekor lalat terbang
menabrak jaring-jaring itu.laba-laba pun bergegas mendekat dan menangkap
lalat yang terjebak itu.
Capung
kecil berkata pada laba-laba:’ laba-laba temanku, kamu sungguh beruntung.
Kamu hanya merajut jaring-jaring, maka makanan akan datang sendiri
menghampirimu.’
|
Isi
komentar teks tersebut adalah.....
A.
Penggunaan
bahasanya kurang efektif
B.
Kalimat yang digunakan
pada kutipan fabel tersebut
tepat.
C.
Kutipan
tabel tersebut menggunakan kalimat yang tidak baku.
D.
Kutipan
fabel tersebut menggunakan kalimat langsung.
33.
Perhatikan
paragraf berikut!
1.
Pada
2006 misalnya, anggaran jawatan dinas presiden Rp 75 miliar, tahun 2007
melonjak menjadi Rp 175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp 180
miliar.
2.
Pada
masa pemerintahan Susila Bambang Yudoyono (SBY) jilid 2, wacana ini kembali
muncul.
3.
Sekretaris
negara mengklim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri
dari pada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti yang selama
ini dilakukan.
4.
Dalam
penghitungan baru, pesawat untuk RI -1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga
Rp 114 miliar per tahun.
5.
Sistem
carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan
biaya terus meningkat.
Susunlah
kalimat berikut ini menjadi paragraf padu....
A.
2-3-1-4-5
B.
3-4-5-1-2
C.
1-2-3-4-5
D.
5-4-3-2-1
34.
Cermati paragraf berikut!
1)Di desa itu Pak Karta termasuk
petani yang berhasil. 2) [……..] 3)Tahun 1990 ia mulai hanya dengan satu
hektar lahan kering di sebelah barat desanya. 4)Dua tahun kemudian tidak
kurang 40% lahan pertanian di desanya telah menjadi miliknya. 5)Selang lima
tahun kemudian, bahkan dia telah menguasai beberapa hektar lahan di luar
desanya.
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi kalimat (2) tersebut adalah….
A.
Luas lahan pertaniannya
bertambah dari tahun ke tahun.
B.
Usahanya semakin meningkat
pesat setelah beberapa tahun ini.
C.
Beliau dikatakan petani
berhasil karena keuletannya dalam bekerja
D.
Keberhasilannya ditunjukkan
dengan bertambahnya lahan pertanian.
35.
Cermati teks petunjuk dibawah ini!
a.
Potong daging ayam dengan
ukuran sedang
b.
cucilah daging ayam tersebut
sampai bersih
c.
Haluskan bawang putih, lada, ggaram,
dan tambahkan sedikit air
d.
[…..]
e.
kocoklah satu butir telur
f.
[…..]
g.
siapkan tepung bumbu
h.
guling-gulingkan daging ayam
tersebut ke dalam tepung
i.
Siapkan minyak gorreng panas
j.
Gorenglah ayam hingga masak.
Urutan kalimat yang sesuai untuk nomor 4 dan nomor 6
adalah….
A.
Masukkan bumbu halus ke dalam
telur.
Gorenglah daging ayam dengan telur
B.
Lumuri daging ayam dengan bumbu
halus.
Gorenglah daging ayam dengan telur.
C.
Campurkan bumbu halus dengan
daging ayam.
Gorenglah daging ayam dengan telur
D.
Rendamlah
daging ayam dengan bumbu tersebut selama 10 menit.
Masukkan daging ayam ke dalam telur
36.
Perhatikan teks berikut!
Kura-kura
merasa malu, tetapi ia tidak menyerah. Ia terus berusaha seharian. Ia ingin
membuktikan pada tupai bahwa ia seekor kura-kura yang sangat pintar.
Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. Ia berhasil memanjat pohon.
|
Bentuk lain dari teks tersebut adalah…..
A.
Kura-kura
merasa malu, tetapi ia tidak menyerah. Ia terus berusaha seharian. Ia ingin
membuktikan pada tupai bahwa ia seekor kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya,
usaha kura-kura mendapatkan imbalan. Ia berhasil memanjat pohon.
B. Kura-kura merasa malu, tetapi saya tidak menyerah. saya terus
berusaha seharian. saya ingin membuktikan pada tupai bahwa saya seekor
kura-kura yang sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan.
saya berhasil memanjat pohon.
C. Kura-kura merasa malu, tetapi ia tidak menyerah. Ia terus berusaha
seharian. Ia ingin membuktikan pada tupai bahwa ia seekor kura-kura yang sangat
pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. saya berhasil memanjat
pohon.
D. Kura-kura merasa malu, tetapi aku tidak menyerah. aku terus berusaha
seharian. aku ingin membuktikan pada tupai bahwa aku seekor kura-kura yang
sangat pintar. Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. aku berhasil
memanjat pohon.
37.
Perhatikan kutipan laporan berikut!
Pengamatan
ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 28 September 2015. Lokasi pengamatan dilakukan di
perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam. Metode yang kami gunakan adalah metode
wawancara. Kami mengadakan wawancara dengan seorang penjaga perpustakaan. Melalui
pengamatan tersebut, kami ingin mengetahui keadaan dan perkembangan
perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam. Dalam melakukan pengamatan tersebut, kami
terjun langsung mengamati perpustakaan yang berada di samping ruang guru.
|
Teks berdasarkan data tersebut adalah…
A.
Letak perpustakaan SMP Negeri 3
Bakam
B.
Jumlah
penjaga perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam
C.
Kegiatan
siswa SMP Negeri 3 Bakam di perpustakaan
D.
Keadaan dan perkembangan
perpustakaan SMP Negeri 3 Bakam
38.
Perhatikan teks berikut!
Kura-kura dan dua ekor angsa
“Bisakah
engkau membantu saya pergi hari ini ke danau yang lain?” tambah kura-kura.
“Tapi itu tidak aman untuk kamu dengan merangkak ke danau yang lain,” kata
salah satu angsa yang lain. “Baik kamu bisa mengangkat saya ke sana dengan
menumpang dua diantara kamu,” jawab si kura-kura sambil merasa bahagia dengan
dirinya sendiri. “Bagaimana kita bisa melakukannya?” Tanya kedua angsa sambil
bersamaan.” Masing-masing bisa memegang ujung kayu diparuhmu. Saya memegang
kayu tengahnya dimulutku. Saat kamu terbang, saya bisa ikut dengan kamu,”
kata kura-kura.” Rencana yang bagus sekali,” kata angsa-angsa tersebut.
|
Nilai moral dari teks cerita fabel di atas adalah….
A.
Dua ekor
angsa mengajar berkelakuan baik tehadap kura-kura yang membutuhkan bantuan
B.
Ajaran dua ekor angsa untuk
bertata karma yang baik terhadap kura-kura
C.
Ajaran bergotong-royong sesama
teman
D. Kura-kura yang mengajar berbuat baik
39.
Perhatikan paragraf berikut!
1)Tuhan
telah menciptakan mahkluk hidup seperti manusia, binatang, dan tumbuhan.
2)Manusia diberi akal dan pikiran untuk bisa hidup berdampingan. 3)binatang
juga diberi akal dan pikiran untuk dapat hidup dan bekerja. 4)
Tumbuhan-tumbuhan diciptakan untuk dapat memberi manfaat kepada manusia,
dijaga dan dirawat keberadaannya. 5) Jadi antara manusia, hewan, dan
tumbuh-tumbuhan saling membutuhkan satu sama lainnya.
|
Kalimat yang
salah dalam paragraf di atas adalah nomor…
A. 1 C. 3
B. 2 D.
4 dan 5
40. Jangan … meja dengan batu
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
A. Pukul-pukul
B.
Memukul-mukul
C. Memukul-mukuli
D. Berpukul-pukulan
41. Suara penyanyi itu tak terlihat lagi
Perbaikan kata yang tepat dalam kalimat
di atas adalah…
a.
Terdengar
b.
Terngiang
c.
Tercium
d.
Terpandang
42.
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Andin
berjalan menyusuri lorong sekolah dengan tergesa-gesa. Hari ini ada ulangan
Matematika yang sangat ditakutinya. Andin beberapa kali mengutuk dirinya
sendiri karena semalam lupa belajar. Sampai di mejanya, Andin langsung
menyambar buku Matematikanya yang sudah ia tenteng sejak tadi.
“Kamu
ngapain , An?” Mia teman sebangku Andin menegur Andin yang sibuk
membolak-balik buku Matematika. “Ya, belajarlah. Eh, kamu sudah belajar
belum?” Andin balik bertanya. Mia menggeleng sambil mengerutkan kening.
“Kamu demam
ya, An? Hari ini kan nggak ada pelajaran Matematika.” Andin kaget lalu
mengerutkan kening mendengar kata-kata Mia. “Andin… Andin… ini hari Selasa.
Ulangan Matematikanya hari Rabu,” Mia tertawa keras melihat perilaku Andin…
|
Bentuk lain dari teks cerpen di atas diubah ke dalam bentuk drama
adalah…
A.
Andin : (Sibuk membolak-balik buku
Matematika)
Mia : (Menghampiri Andin) Kamu ngapain, An?
Andin : Ya, belajarlah. (dengan muka marah karena diganggu)
Mia : Oh, maaf. Kamu demam
ya, An?
Andin : (menggeleng sambil asyik membaca)
Mia : Andin…
Andin, hari ini kan nggak ada ulangan Matematika.
Andin : (kaget dan tertawa)
B.
Mia : Andin, kamu sudah belajar buat ulangan Matematika
belum?
Andin : (menggeleng) Aku lupa, Mia.
Mia :
Tenang saja, An. Ulangan Matematikanya masih besok kok. (tertawa)
Andin : Yang bener kamu, Mia?
Aku lupa belajar nih.
Mia : (Mengangguk) iya, ini kan hari Selasa. (tertawa)
C.
Andin : (Sibuk
membolak-balik buku Matematika)
Mia : (Menghampiri Andin)
Kamu ngapain, An?
Andin : Ya,
belajarlah. Eh, kamu sudah belajar belum?
Mia : (Menggeleng
sambil mengerutkan kening bingung) kamu demam ya, An? Hari ini kan nggak ada pelajaran Matematika.
Andin : (terkejut)
Mia : Andin… Andin… ini
hari Selasa.an Matematikanya besok hari Rabu. (tertawa)
D.
Mia : Andin, kamu ngapain?
Andin : Ya,
belajarlah. Eh, kamu sudah belajar belum? (menyindir)
Mia : (Menggeleng) Belajar apa?
Andin : (Tersenyum) hari ini kan ulangan
Matematika. Kamu gimana sih, Mia?
Mia : (Tertawa) Tapi ini hari Selasa, An. Kita
ulangan Matematika besok hari Rabu.
43.
Siswa SMP Negeri 3 Bakam
mengadakan kunjungan ke lahan pertanian milik Desa Neknang. Maksud kunjungan mereka ingin mengetahui kondisi
lahan pertanian Desa Neknang.
Teks laporan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A. Kunjungan yang dilakukan Siswa SMP Negeri 3 Bakam bertujuan untuk
mempererat hubungan kekeluargaan.
B.
Lahan
pertanian milik Desa Neknang sudah dikerjakan sejak tahun 1995. Lahan pertanian
ini menjadi tulang punggung produksi desa. Namun, saat ini lahan pertanian di
Desa Neknang telah berkurang karena adanya alih fungsi lahan pertanian.
C.
SMP Negeri 3 Bakam sering
mengadakan penelitian terhadap lahan pertanian. Penelitian ini dilakukan satu
tahun sekali dan melibatkan seluruh siswa SMP Negeri 3 Bakam.
D. SMP Negeri 3 Bakam mengadakan penelitian dengan inisiatif dan biaya
sendiri. SMP Negeri 3 Bakam menyadari bahwa lahan pertanian sangat penting bagi
produksi padi.
44.
Perhatikan teks
berikut!
(1)Tsunami
menciptakan saat permukaan dasar laut yang bergerak naik turun (pergeseran
lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi. (2) Patahannya
menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan
yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan.
|
Perbaikan kalimat nomor (1) yang tepat
adalah . . .
A.
Tsunami
menciptakan saat permukaan dasar laut yang bergerak naik turun (pergeseran
lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.
B.
Tsunami
penciptaan saat permukaan dasar laut
bergerak naik turun (pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan
selama gempa terjadi.
C.
Tsunami
pencipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun (pergeseran lempeng
dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.
D.
Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun
(pergeseran lempeng dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.
45.
Bacalah teks
berikut!
1)
Mario Teguh seorang motivator dari Indonesia. 2) Ia berperawakan sedang,
pembawaannya tenang, dan bertutur kata halus serta sopan. 3) Ciri khasnya
adalah selalu tersenyum dan berkata salam
super. 4) Ia mulai dikenal oleh masyarakat ketika membawakan acara Mario Teguh Golden Ways, di Metro TV.
5) Pada 2003, mereka mendapat penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI)
sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia. Pada
2010, ia kembali meraih penghargaan dari MURI sebagai motivator dengan
halaman penggemar Facebook terbesar
di Indonesia.
|
Alasan kesalahan
penggunaan kalimat ( no. 5) dalam paragraf adalah . . .
A. Kalimat
ini tidak logis, karena kata ganti mereka untuk jamak, bukan untuk orang ketiga
tunggal ia atau dia.
B. Kalimat ini
tidak logis, karena yang mendapat penghargaan itu adalah Metro TV.
C. Kalimat ini
seharusnya kalimat utama, bukan kalimat penjelas.
D. Kalimat ini
diawali dengan keterangan waktu.
46.
Saya,
Amir, Mirna, dan Dono, sedang berlatih basket.
Kesalahan
penggunaan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah ...
A. Tanda titi koma
(;) setelah kata saya
B. Tanda koma (,)
setelah kata Amir
C. Tanda koma (,)
setelah kata Mirna
D. Tanda
koma (,) setelah kata Dono
47.
Penggunaan
ejaan yang tepat terdapat dalam kalimat . . .
A. Mira mau ke
apotik.
B. Marni akan
praktik berpidato besok.
C. Jane lahir 29
Pebruari 2012.
D.
Sembako itu sudah diterima Jumat kemarin.
48.
Ibu
Rini akan menghadiri rapat pada Senin 25 April 2013
Penggunaan tanda baca yang tepat pada
kalimat tersebut adalah . . .
A. Ibu
Rini akan menghadiri rapat pada Senin, 25 April 2013.
B. Ibu Rini akan
menghadiri rapat pada Senin; 25 April 2013.
C. Ibu Rini akan
menghadiri rapat pada Senin: 25 April 2013.
D. Ibu Rini akan
menghadiri rapat pada Senin, 25-April-2013.
49.
Ari
berkata, “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia!”
Perbaikan tanda baca yang tepat pada
kalimat di tersebut adalah . . .
A. Ari berkata.
“Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia!”
B. Ari berkata;
“Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia!”
C. Ari
berkata, “Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.”
D. Ari berkata:
“Saya sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.”
50.
Dia
mau kekelas.
Alasan kesalahan
penggunaan ejaan pada kata dicetak miring dalam kalimat tersebut adalah . . .
A. Setelah
keterangan tempat tidak boleh kata depan ke.
B. Sebelum
keterangan tempat tidak boleh kata depan ke.
C. Penulisan kata
depan ke diserangkaikan.
D. Penulisan kata
depan ke ditulis terpisah.
0 comments:
Post a Comment