KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN CONTOH SOAL
BERDASARKAN JABARAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PAKET I
TAHUN 2015/2016
60
NO.
|
KUNCI
|
PEMBAHASAN
|
1
|
C
|
Untuk menentukan makna/arti
sebuah kata dalam teks, kita harus
memperhatikan konteks
secara utuh.
|
2
|
D
|
Pilihan jawaban D
sesuai dengan isi teks.
|
3
|
A
|
Simpulan adalah
pendapat akhir berdasarkan uraian/data-data sebelumnya.
|
4
|
A
|
Gagasan utama adalah
ide yang mendasari sebuah paragraf/inti pembahasan
sebuah paragraf.
Gagasan utama terdapat pada kalimat utama. Letak kalimat
utama paragraf pertama
tersebut ada di awal paragraf.
|
5
|
C
|
Pernyataan pilihan A
sesuai dengan isi paragraf kedua.
|
6
|
B
|
Pendapat pro adalah
pendapat yang merespon baik atau mendukung terhadap
hal atau masalah.
|
7
|
C
|
Ringkasan adalah
penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam
bentuk yang singkat
dan efektif.
|
8
|
D
|
Kutipan teks I banyak
menggunakan istilah khusus dan Kutipan teks II, banyak
menggunakan istilah
umum.
|
9
|
D
|
Kelemahan karya sastra
adalah kekurangan yang ada pada sebuah karya sastra.
|
10
|
A
|
Untuk memaknai sebuah
kata dalam teks, kita harus perhatikan konteksnya
dengan memperhatikan
makna teks secara keseluruhan.
|
11
|
B
|
Pilihan jawaban B,
paling sesuai dengan isi teks.
|
12
|
A
|
Pengenalan: pengenalan
latar cerita yang berkaitan dengan tokok, waktu,
suasana, dan tempat
yang berkaitan dengan cerpen.
|
13
|
B
|
Latar tempat
dibuktikan dengan …Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai
tak mampu lagi
membendung butiran air.
|
14
|
C
|
Untuk memaknai simbol
pada teks, kita harus perhatikan konteksnya dengan
memperhatikan makna
teks secara utuh.
|
15
|
A
|
Amanat adalah pesan
yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
|
16
|
C
|
Sebab konflik adalah penyebab
terjadinya konflik, diawali dengan kepindahan
tempat tugas ayah Nada
yang mendadak.
|
17
|
C
|
Akibat konflik adalah
akibat yang ditimbulkan konflik.
|
18
|
D
|
Pola pengembangan
masing-masing teks berbeda. Fabel dikembangkan dengan
tahapan sebagai
berikut.
1. Pengenalan: bagian
awal cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat
dan waktu, serta
awalan masuk ke tahap berikutnya.
2. Rumitan: terjadinya
konflik/permasalahan antara tokoh utama dengan tokoh
lain.
3. Klimaks: berisi
pemecahan masalah.
4. Peleraian: berisi
pemecahan masalah
|
|
|
61
NO.
|
KUNCI
|
PEMBAHASAN
|
|
|
5. Penyelesaian:
bagian terakhir fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada
tokoh dan pelajaran
yang dapat dipetik dari cerita.
|
19
|
B
|
Teks I menggunakan
majas personifikasi dan Teks II menggunakan majas
perumpamaan.
|
20
|
B
|
Mengomentari isi
cerpen berarti menilai isi cerpen disertai alasan yang tepat.
Isi cerita tersebut
bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan
sombong dan tidak
balas dendam.
|
21
|
B
|
Pola pengembangan
cerpen tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena
di dalam kutipan fabel
dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.
|
22
|
B
|
Mengomentari
penggunaan bahasa dapat didasarkan pada kekomunikatifan
bahasa yang digunakan
di samping unsur bahasa, seperti kata ganti, konjungsi,
rujukan, dsb.
Bahasa yang digunakan
dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga
pembaca mudah dalam
memahami isi fabel tersebut.
|
23
|
A
|
Untuk melengkapi
kalimat dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata
sebelum dan sesudah
kata yang dirumpangkan.
|
24
|
B
|
Melengkapi teks dengan
kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati
kalimat sebelum dan
sesudah kalimat yang dirumpangkan.
|
25
|
B
|
Menyusun
kalimat-kalimat laporan agar padu, maka urutan kalimat harus
memperlihatkan
keruntutan berpikir yang dapat dilihat dari keterkaitan
antarkalimat yang
ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, dan kata
ganti.
|
26
|
A
|
Untuk melengkapi teks
dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata
sebelum dan sesudah
kata yang dirumpangkan pada kalimat.
|
27
|
D
|
Melengkapi paragraf
dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati
kalimat sebelum dan
sesudah kalimat yang dirumpangkan.
|
28
|
B
|
Melengkapi teks dengan
paragraf dapat dilakukan dengan cara mencermati
paragraf sebelum dan
sesudah paragraf yang dirumpangkan.
|
29
|
C
|
Yang harus
diperhatikan dalam mengubah sebuah teks menjadi teks lain adalah
inti informasi (inti
cerita) teks hasil ubahan tidak berbeda dengan inti informasi
teks yang diubah.
|
30
|
D
|
Menulis teks
berdasarkan fakta berarti semua fakta yang ada harus bisa kita
uraikan dalam bentuk
kalimat-kalimat yang saling berkaitan.
|
31
|
B
|
Untuk mengetahui
sebuah kata yang tidak tepat digunakan dalam sebuah
kalimat, harus
diperhatikan arti atau maksud kalimat secara utuh.
|
32
|
D
|
Kalimat efektif adalah
kalimat yang menggunakan kata-kata yang tepat tanpa
ada kata tambahan yang
bersifat mubazir (berlebihan) dan ambigu (bermakna
ganda).
|
33
|
D
|
Paragraf padu adalah
paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun dengan logis
dan serasi.
Antarkalimat dalam paragraf padu saling berkaitan sehingga
membentuk keutuhan
ide. Jika masih terdapat kalimat yang tidak berkaitan
dengan kalimat lain
dalam sebuah paragraf berarti paragraf tersebut tidak padu.
- Kalimat ke-4 pada
paragraf tersebut tidak berkaitan dengan kalimat lain.
|
34
|
D
|
Menggunakan istilah
dalam kalimat secara tepat harus mencermati bagian
|
|
|
0 comments:
Post a Comment