MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA PAKET I
TAHUN 2015/2016
Pilihlah jawaban
yang benar di antara pilihan A, B, C, dan D!
1.
Cermatilah teks berikut!
Biografi Mario
Teguh
"Salam
Super" itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan oleh Mario Teguh
ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang bertajuk 'Mario Teguh Golden
Ways'. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki
kepribadian yang cerdas serta mampu memotivasi banyak orang melalui rangkaian
kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang.
Makna kata
bercetak miring pada kutipan teks tersebut
adalah …
A.
Orang yang bertugas
mengingatkan orang lain agar selalu melakukan perbuatan baik.
B.
Orang yang bertugas
membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah pribadinya.
C.
Orang yang menyebabkan
timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan sesuatu.
D.
Orang yang membangkitkan
semangat seseorang agar berasil dalam menjalankan usahanya.
Bacalah kutipan
teks berikut untuk menjawab soal nomor 2
dan 3!
Kelestarian
Lingkungan Hidup
Lingkungan
adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan
manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan
makhluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari
bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga
kelestariannya.
Dalam lingkungan hidup
terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan
kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan,
stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup. Lingkungan hidup dapat
dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan
unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang
terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik.
Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh
manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai
makhluk
1
sosial. Unsur fisik
(abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup,
seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini
sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
2.
Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
A.
Tanpa adanya unsur lingkungan hidup,
manusia tidak hidup di bumi ini.
B.
Unsur abiotik tidak terlalu berpengaruh
terhadap kelangsungan hidup manusia.
C.
Unsur sosial budaya
diciptakan oleh manusia untuk kelestarian kehidupan di bumi.
D.
Lingkungan hidup yang
meliputi unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga kelestariannya.
3.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A.
Manusia harus menjaga kelestarian
lingkungan hidup.
B.
Manusia dapat memanfaatkan seluruh isi
lingkungan hidup.
C.
Seluruh unsur lingkungan hidup saling
mempengaruhi demi kehidupan manusia.
D.
Unsur biotik, sosial
budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan manusia secara seimbang.
Cermatilah teks
berikut kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!
Ternyata jeruk nipis
bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak
asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga
mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan
dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa
asamnya berkurang. (http://informasiana.com)
4.
Ide pokok teks tersebut adalah ....
A.
manfaat jeruk nipis
B.
kandungan jeruk nipis
C.
campuran jeruk nipis
D.
cara penggunaan jeruk nipis
5.
Isi yang tersirat pada bagian teks
tersebut adalah ....
A.
Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat
lainnya
B.
Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan
rumah
C.
Jeruk nipis memiliki khasiat untuk
menjaga kesehatan
D.
Jeruk nipis lebih berkhasiat
dibandingkan jeruk lainnya
2
Perlunya Resapan
Air untuk Mencegah Banjir
Banjir sudah
menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah
berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan
masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah satu cara
pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila
tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air ini
merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.
Pendapat yang
mendukung kutipan isi teks tersebut adalah ...
A.
Solusi tersebut hanya akan menghamburkan
uang negara.
B.
Solusi seperti itu sudah tepat sehingga
harus segera direalisasikan.
C.
Solusi yang dipilih pemerintah tidak
akan mampu menanggulangi banjir.
D.
Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit
membangun resapan air di perkotaan.
7.
Cermatilah teks berikut!
Sejak
zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta
manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak
hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan
tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri, seperti daun berbentuk panjang, tebal, dan
berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
Meskipun
sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui
bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang
berbahan lidah buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses penyembuhan
penyakit, jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat
membantu jika mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga sebagai minuman
yang menyehatkan.
Ringkasan
paragraf tersebut adalah....
A.
Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur
rambut juga untuk kesehatan.
B.
Lidah buaya sangat bermanfaat untuk
mengobati berbagai macam penyakit.
C.
Lidah buaya selain bermanfaat juga
menjadi komoditas yang menguntungkan.
D.
Lidah buaya memiliki ciri-ciri
tertentu dan nilai komoditas yang
menguntungkan.
3
Kutipan teks I
Gamelan Jawa
Yogyakarta
adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda dapat
menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah
Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang,
gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal
dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
Gamelan
Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki
nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak
dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
Perbedaan itu wajar,
karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama
musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda
mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya
sehingga berpengaruh pada gamelannya.
Kutipan teks II
KEKERINGAN
Kekeringan adalah
keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan
timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun
secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah
negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah
barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan
biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan
di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi bencana alam
apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan
pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah....
|
Teks
I
|
Teks
II
|
A
|
bahasanya
mudah dipahami
|
banyak
menggunakan istilah ilmiah
|
B
|
banyak
menggunakan bahasa daerah
|
bahasanya
mudah dipahami
|
C
|
menggunakan
istilah-istilah khusus
|
banyak
menggunakan istilah ilmiah
|
D
|
banyak
menggunakan istilah khusus
|
menggunakan
istilah-istilah umum
|
9.
Bacalah teks berikut!
1)
Penerbit Wayang menerbitkan buku terbaru yang berjudul Sudah Saatnya Menjadi
Penulis Hebat. 2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik,
isinya lengkap, bahasanya ringan dan mudah dipahami serta bermanfaat bagi
pembaca. 4) Hanya saja buku tersebut menggunakan banyak istilah akademik yang
sulit dipahami pembaca awam.
4
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
Bacalah kutipan cerpen
berikut kemudian jawablah soal nomor 10 s.d. 13!
Langit menjadi kelabu.
Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air. Matahari pergi.
Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik
bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela
kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sangat menyukai merpati. Bahkan di samping
rumahnya ada sebuah kandang merpati yang cukup luas miliknya sendiri. Ia biasa
menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati yang ia
piara. Semuanya sepasang. Ada merpati lokal, merpati kipas, merpati gondok,
merpati Lahore, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua merpatinya,
merpati lokal berwarna seputih saljulah yang paling ia sukai. Dara dan Dori.
10.
Makna kata “membendung” pada kutipan
cerpen tersebut ialah ….
A.
menahan
B.
menampung
C.
membentengi
D.
mengumpulkan
11.
Pernyataan yang sesuai dengan isi cerpen
tersebut adalah …
A.
Merpati yang paling Dio Gemari adalah
merpati Lahore.
B.
Dio seorang yang menggemari berbagai
jenis burung merpati.
C.
Kandang burung yang ada sengaja dibuat
untuk Dara dan Dori.
D.
Nada tidak senang kalau Dio memelihara
banyak burung merpati.
12.
Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian
alur ...
A.
pengenalan
B.
komplikasi
C.
klimaks
D.
penyelesaian
13.
Latar suasana yang terdapat pada kutipan
cerpen tersebut adalah .…
A.
mendung
B.
hujan
C.
dingin
D.
sunyi
5
“Nada,
minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.”
Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam
mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak
bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau
tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu
hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia
membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang
tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu
banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan
Dio.
14.
Makna simbol petir di siang bolong
pada kutipan cerpen tersebut adalah....
A.
merasa sedih
B.
merasa bingung
C.
sangat terkejut
D.
merasa heran
15.
Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen
tersebut adalah ...
A.
Sebagai anak harus patuh pada kedua
orang tua.
B.
Lakukan perintah orang tua meskipun
dengan terpaksa!
C.
Ikhlaskan diri kita dalam mengerjakan
sesuatu pekerjaan!
D.
Setiap keputusan agar dibicarakan
terlebih dahulu dengan keluarga!
16.
Penyebab terjadinya konflik pada kutipan
cerpen tersebut adalah ...
A.
Perasaan berat hati Nada harus
meninggalkan Dio.
B.
Nada merasa bingung dengan masalah
sekolahnya.
C.
Kepindahan tempat tugas ayah Nada yang
mendadak.
D.
Nada merasa berat meninggalkan tempat
tinggal yang sekarang.
17.
Akibat konflik yang terjadi pada kutipan
cerpen tersebut adalah...
A.
Nada diam mematung selama satu minggu.
B.
Nada harus segera mengemasi
barang-barang miliknya.
C.
Meskipun merasa berat, minggu depan Nada
harus ikut pindah ke Yogyakarta.
D.
Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat
tinggal dan sekolah baru untuk Nada.
18.
Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
|
|
Teks Fabel II
|
|
|
|
Dengan bangganya lucky berlari-lari
|
|
Di sebuah
hutan, musim kemarau,
|
kecil sambil menyeret-nyeret balok
kayu
|
|
burung-burung dan
hewan-hewan lain
|
yang
dikalungkan majikannya, untuk
|
|
sangat sulit
untuk mendapatkan air.
|
|
6
|
19.
Bacalah kutipan fabel berikut!
|
Teks
Fabel I
|
|
Teks Fabel II
|
|
|
Mumba
dengan santai berjalan di tengah
|
Si rusa
tiba-tiba marah mendengar
|
||||
hutan. Tanpa
sengaja ia menemukan buah
|
jawaban si
kura-kura. “Jangan berlagak
|
||||
yang sangat
lezat. Mumba berniat
|
engkau, hei
kura-kura! Engkau hanya
|
||||
mengambil
|
buah
tersebut. Rencananya,
|
mondar-mandir
saja seperti bola namun
|
|||
dia akan
menikmati buah yang lezat itu di
|
berlagak
|
tengah mencari
|
sumber
|
||
pinggir sungai
di tengah hutan, ditemani
|
kehidupan”. Si
kura-kura berusaha
|
||||
hembusan angin,
dan lambaian daun
|
menjelaskan, namun
si rusa tetap
|
||||
pepohonan
|
yang
|
mendayu-dayu.
|
marah. Si
kura-kura yang jengkel
|
||
Sesampainya di
tepi sungai, Mumba
|
akhirnya
|
menantang untuk
|
mengadu
|
||
dengan santai
menyantap buah tersebut.
|
kekuatan betis
kaki.
|
|
|||
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
|
Fabel
I
|
Fabel
II
|
A
|
bermajas
litotes
|
bermajas
personifikasi
|
|
|
|
B
|
bermajas
personifikasi
|
bermajas
perumpamaan
|
|
|
|
C
|
bermajas
perumpamaan
|
bermajas
litotes
|
|
|
|
D
|
bermajas
metafora
|
bermajas
personifikasi
|
7
Kupu-Kupu
Berhati Mulia
Di
suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena
bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman
sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah
kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan
tidak bisa pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu
hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas
ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan
dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat
beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah
binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan
tersebut.
Pada
suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan
lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan
jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam
dalam
genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “
Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
Untunglah saat
itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan
sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti
aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu.
Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah
menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan
terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah
kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang
dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada
kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di
taman itu.
20.
Komentar yang tepat terhadap isi fabel
tersebut adalah ...
A.
Cerita kurang menarik
karena berisi hal-hal yang tidak dapat diterima oleh akal sehat pembaca.
B.
Isi cerita bagus karena
mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak balas dendam.
C.
Isi cerita tersebut
cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak jelas untuk dimengerti
oleh pembaca.
D.
Isi cerita bagus
meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam cerita tersebut sulit
untuk dijalankan.
8
A.
Pola pengembangan fabel
tersebut dimulai dengan memunculkan masalah yang harus diselesaikan oleh tokoh
semut.
B.
Pola pengembangan cerita
tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel
dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.
C.
Pola pengembangan cerita
tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar cerita karena dengan
membaca kutipan fabel tersebut pembaca dapat mengetahui garis besar ceritanya.
D.
Pola pengembangan cerita
tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) karena di dalam
kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan.
22.
Komentar yang tepat terhadap penggunaan
bahasa kutipan fabel tersebut adalah...
A.
Banyak menggunakan
kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi
cerita tersebut.
B.
Bahasa yang digunakan
dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam
memahami isi fabel tersebut.
C.
Kalimat yang digunakan
dalam fabel menggunakan kalimat yang panjang-panjang sehingga membosankan
pembaca.
D.
Fabel tersebut banyak
menggunakan ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.
23.
Cermatilah kalimat berikut!
Kekeringan
yang terjadi terlalu lama dapat berdampak pada turunnya ... tanaman dan
merugikan petani.
Kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.
produksi
B.
produsen
C.
konsumsi
D.
konsumen
24.
Perhatikan teks berikut!
Membuat Puding
Kelapa Muda
(1)
Sediakan agar-agar,
gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur lalu kocok.
(2)
[...]
(3) Setelah
mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah
dikocok.
(4)
Biarkan sampai mendidih kembali, lalu
angkat.
(5)
Tuanglah ke dalam cetakan.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A.
Biarkan dingin dalam lemari.
B.
Masak air sampai mendidih.
C.
Masak adonan dengan api sedang.
D.
Biarkan mengeras, kemudian sajikan.
9
Cara Mematikan
Komputer
1.
Tutup semua program atau aplikasi yang
sedang aktif
2.
Klik menu “Turn Off
Computer”
3.
Klik tombol “Start” dengan mouse pada
menu Dekstop
4.
Diamkan beberapa saat hingga komputer
padam.
5.
Pada kotak dialog “Turn Off Computer”,
klik tombol “Turn Off”
6.
Cabut kabel listrik dari jala-jala
listrik
7.
Tekan tombol OFF pada monitor untuk
memadamkan monitor
8.
Tutup dengan penutup
Kalimat-kalimat
tersebut dapat disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor….
A.
1-3-2-4-5-7-6-8
B.
1-3-2-5-4-7-6-8
C.
1-2-3-4-5-7-6-8
D.
1-2-4-3-6-5-7-8
26.
Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Upaya
mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu
...yang dapat dilakukan dalam mengatasi kemacetan.
Kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.
solusi
B.
alternatif
C.
pemikiran
D.
perkiraan
27.
Cermatilah teks berikut!
Di dataran rendah
yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh
sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang
dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat
leluasa membentuk karbohidrat dan gula.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A.
Sinar matahari berperan dalam
penyerbukan bunga.
B.
Sinar matahari berguna bagi penyuburan
tanaman.
C.
Sinar matahari membantu dalam penyebaran
buah.
D.
Sinar matahari berperan untuk
pembentukan buah.
10
28.
Bacalah teks berikut!
Kelebihan
novel ini membuat para pembaca dapat mengintrospeksi diri tentang kewajiban
seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang
ibu ketika anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan
bahasa yang mudah dimengerti sehingga para pembaca tidak sulit untuk
memahaminya.
[...]
Novel
ini cocok dibaca oleh semua kalangan agar semua tahu bahwa ibu adalah
satu-satunya orang yang tulus menyayangi kita tanpa pamrih, syarat, dan
menerima kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak
sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu mendoakan kita di manapun
kita berada. Karena seorang ibu selalu menginginkan anaknya sukses. Saat ibu
telah tiada hanya doa anak yang soleh dan solehahlah yang akan selalu
menyertainya. Mari kita doakan ibu kita.
Diolah
dari http://auliaannisalia.blogspot.co.id/
Paragraf berisi
kelemahan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A.
Hanya sangat disayangkan
masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini
tetap dianjurkan untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan menambah
rasa sayang kita terhadap seorang ibu.
B.
Pada awal kisah novel
ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan perjuangan seorang ibu yaitu
Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak-anaknya setelah suaminya meninggal.
C.
Kenyataan pahit yang ia
alami itu bermula dari suaminya yang meninggal karena kecelakaan, ketika
menyebrangi jalan saat menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan
nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
D.
Jangan Buang Ibu Nak, adalah
novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan tentang perjuangan
seorang ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia bernama Restiana,ia harus menghidupi
ketiga orang anaknya yaitu Sulung,Tengah dan Bungsu.
11
Kegiatan
belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh pelajar.
Dengan kata lain, belajar adalah kegiatan wajib bagi pelajar. Belajar tidak
hanya dilakukan di kelas, namun Anda juga bisa melakukannya secara mandiri
maupun berdiskusi kelompok di tempat lain.
Sebagian
siswa kesulitan dalam mengatur waktu belajar secara efisien dan efektif
dikarenakan ketidaktahuannya dalam mengatur jadwal. Padahal hal ini merupakan
suatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika waktu belajar diatur
dengan benar, maka belajar pun akan lebih efisien dan efektif.
Buatlah
jadwal belajar. Hal yang terpenting di sini adalah penyusunan jadwal belajar.
Cobalah untuk membuat jadwal belajar dan sesuaikan dengan jumlah pelajaran yang
akan Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat menyusun jadwal belajar yang
disesuaikan dengan waktu belajar Anda.
Tetapkan
waktu belajar Anda. Hal yang tak kalah penting adalah menentukan waktu belajar.
Cobalah untuk memilih waktu belajar yang sesuai dengan kriteria belajar Anda.
Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang Anda anggap sukar lebih baik
pelajari terlebih dahulu dan buatlah porsi belajar yang lebih lama agar Anda
bisa memahami pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang Anda dapat di kelas.
Hal ini dilakukan agar pelajaran yang Anda dapat tidak cepat hilang atau Anda
lupakan.
Jangan
membuang-buang waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan
sebaik-baiknya. Atur waktu belajar Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran,
gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap pelajaran. Jangan terlalu
memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu Anda untuk refreshing dan
luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa.
Perubahan teks
tersebut menjadi teks prosedur yang tepat adalah ...
A.
Langkah-langkah belajar efektif
1.
Susunlah jadwal belajar!
2.
Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3.
Aturlah waktu belajar dengan
menyesuaikan jadwal belajar di sekolah!
4.
Gunakan batasan waktu dalam mempelajari
tiap-tiap mata pelajaran!
5.
Janganlah terlalu memforsir waktu untuk
belajar!
6.
Jangan lupa berdoa!
B.
Langkah-langkah belajar efektif
1.
Susunlah jadwal belajar!
2.
Manfaatkan waktu luang dengan
sebaik-baiknya!
3.
Aturlah waktu belajar dengan
menyesuaikan jumlahjam mata pelajaran!
4.
Gunakan batasan waktu dalam mempelajari
tiap-tiap mata pelajaran!
5.
Janganlah terlalu memforsir waktu untuk
belajar!
6.
Atur waktu untuk refreshing dan
beribadah!
C.
Langkah-langkah belajar efektif
1.
Susunlah jadwal belajar!
2.
Manfaatkan waktu luang dengan
sebaik-baiknya!
3.
Aturlah waktu belajar dengan
menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
12
5.
Janganlah terlalu memforsir waktu untuk
belajar!
6.
Atur waktu untuk
refreshing, beribadah, dan berdoa! D. Langkah-langkah belajar efektif
1.
Susunlah jadwal belajar!
2.
Manfaatkan waktu luang dengan
sebaik-baiknya!
3.
Aturlah waktu belajar dengan
menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
4.
Gunakan batasan waktu dalam mempelajari
tiap-tiap mata pelajaran!
5.
Janganlah terlalu memforsir waktu untuk
belajar!
6.
Atur waktu untuk refreshing!
30.
Perhatikan data-data berikut!
·
Anoa hewan endemik Sulawesi
·
Anoa maskot Sulawesi Tenggara
·
Anoa tergolong fauna
peralihan
·
Anoa terancam punah
·
Populasi sekitar 5.000
ekor
·
Perburuan Anoa untuk
diambil kulit, tanduk, dagingnya.
Teks laporan
yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...
A.
Sejak tahun 1960-an,
anoa berada dalam status terancam punah. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi,
sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya,
hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa
menurun secara drastis. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan
dagingnya. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih
bertahan hidup.
B.
Anoa adalah maskot
provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status
terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna
peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis.
Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.
Anoa sering diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.
C.
Anoa adalah hewan
endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna
peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam
lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini
terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu
untuk diambil tanduk dan dagingnya.
D.
Anoa adalah hewan
endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan
letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an,
anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi
anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000
ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk
dan dagingnya.
13
Saya akan cerita
tentang pengalaman saya ketika tugas di desa.
Kesalahan
penggunaan kata pada kalimat tersebut
adalah kata ....
A.
cerita dan ketika
B.
cerita dan tugas
C.
akan dan tugas
D.
tentang dan ketika
32.
Kalimat yang tidak efektif adalah...
A.
Para penumpang harap membayar dengan
uang pas.
B.
Jika ingin membantu orang lain,
segerakanlah, jangan kamu tunda-tunda lagi.
C.
Sambil melepas lelah sejenak, Yanti
membaca buku novel itu hingga tamat.
D.
Pemerintah mengimbau anak balita di
lingkungan kita agar tidak lupa diimunisasi.
33.
Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pantai Gili
Terawangan berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan
alam laut yang dapat memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana
nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam,
Pantai Gili Terawangan seakan merupakan akuarium alam ukuran raksasa. (4)
Pantai Terawangan tempat yang cocok untuk beternak penyu.
Kalimat yang
tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
34.
Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah
akan menggalakkan kembali kegiatan ... agar pembangunan dapat dilaksanakan
secara merata di seluruh Indonesia.
Istilah yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A.
imigrasi
B.
emigrasi
C.
urbanisasi
D.
transmigrasi
35.
Perhatikan kalimat berikut!
Ilmu
yang kita peroleh di lembaga pendidikan, harus kita ...dalam kehidupan
sehari-hari.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A.
menterapkan
B.
menerapkan
14
D.
mengeterapkan
36.
Perhatikan kalimat berikut!
Di kalangan
pelajar telah tumbuh kebiasaan ... buku bacaan.
Kata ulang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A.
tukar-menukar
B.
tukar-tukaran
C.
menukar-nukar
D.
tukaran-tukaran
37.
Perhatikan kalimat berikut!
Kita
harus dapat merubah kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan
yang baik.
Perbaikan kata
yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ...
A.
mengubah
B.
merubahi
C.
berubah
D.
perubahan
38.
Perhatikan kalimat berikut!
Juara lomba
futsal diduduki oleh tim dari SMP Prestasi.
Perbaikan
kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ...
A.
Juara lomba futsal adalah tim SMP
Prestasi.
B.
Juara dari lomba futsal adalah tim SMP
Prestasi.
C.
Juara lomba futsal adalah tim daripada
SMP Prestasi.
D.
Juara lomba futsal dimenangkan oleh tim
dari SMP Prestasi.
39.
Perhatikan paragraf berikut!
1)
Kenakalan remaja
merupakan masalah yang harus menjadi tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang berkepentingan
dan paling utama adalah orang tua. 3) Orang tua saya sangat memperhatikan
awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga ikut berperan mengurangi kenakalan remaja,
khususnya melalui program bimbingan konseling.
Agar paragraf
tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai nomor ....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
15
Dewi Sartika
meninggal 11 September 1947 dan pemakaman di Tasikmalaya.
Alasan ketidaktepatan penggunaan
kata yang digarisbawahi pada
kalimat tersebut
adalah....
A.
kata pemakaman diganti dimakamkan
B.
kata pemakaman diganti penguburan
C.
kata pemakaman diganti dikuburkan
D.
Kata pemakaman diganti diistirahatkan
41.
Perhatikan kalimat berikut!
Andrea
Hirata menulis beberapa buku-buku novel yang sangat laku sekali di pasaran.
Alasan
ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
A.
Kata beberapa
buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa.
B.
Kata beberapa
buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata buku-buku.
C.
Kata sangat laku
sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata sangat atau
sekali.
D.
Kata beberapa
buku-buku dan sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu
dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan
dihilangkan kata sangat atau sekali.
42.
Perhatikan paragraf yang tidak padu
berikut!
1) Prestasi
belajar yang memuaskan dapat diraih oleh setiap siswa jika mereka dapat belajar
secara wajar, terhindar dari berbagai ancaman, hambatan, dan gangguan. 2) Salah
satu contoh ancaman tersebut adalah kurangnya motivasi belajar siswa. 3) Pada
tingkat tertentu memang ada siswa yang dapat mengatasi kesulitan belajarnya,
tanpa harus melibatkan orang lain. 4) Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu,
karena siswa belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau
orang lain sangat diperlukan oleh siswa tersebut.
Alasan
ketidakpaduan paragraf tersebut adalah....
A.
Kalimat ke-1 tidak berkaitan dengan
kalimat ke-2, 3, dan 4.
B.
Kalimat ke-2 tidak berkaitan dengan
kalimat ke-1, 3, dan 4.
C.
Kalimat ke-3 tidak berkaitan dengan
kalimat ke-1, 2, dan 4.
D.
Kalimat ke-4 tidak berkaitan dengan
kalimat ke-1, 2, dan 3.
16
Kemarin Dea
membeli tahu 1)Bandung dan beras 2)cianjur
3)ditoko
4)Harapan.
Kesalahan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
3 dan 4
44.
Perhatikan kalimat berikut!
(1) Sebelum
mengikuti ujian saya membeli alat-alat menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
(2)
Saya dapat menjawab soal-soal UN itu,
karena saya belajar dengan rajin.
(3)
Jumlah soal mata pelajaran Bahasa
Indonesia adalah lima puluh butir soal.
(4)
Soal mata pelajaran
Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.
Kesalahan
penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor .…
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
45.
Cermati
kalimat berikut!
(1)
Mulai bulan Nopember kami mengikuti
pendalaman materi ujian.
(2)
Dua hari sebelum pelaksanaan ujian,
saya mendapat jadwal ujian.
(3)
Mass media tidak diperbolehkan meliput
saat ujian berlangsung.
(4)
Prosentase kehadiran peserta ujian tahun
ini lebih baik daripada tahun lalu.
Penggunaan ejaan
yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
46.
Cermati kalimat berikut!
Ibu Fat berpesan sebelum mengikuti
ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.
Penggunaan tanda
baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
A.
Ibu Fat berpesan,
“Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
B.
Ibu Fat berpesan;
“Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
17
C.
Ibu Fat berpesan:
“Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
D.
Ibu Fat berpesan,
“Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh”
47.
Cermati kalimat berikut!
Kios photo copy
dan apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
Perbaikan ejaan
pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.
Kios photocopi dan Apotik Asri beralamat
di Jalan Rambutan.
B.
Kios photokopi dan Apotik Asri beralamat
di Jalan Rambutan.
C.
Kios fotocopy dan Apotek Asri beralamat
di Jalan Rambutan.
D.
Kios fotokopi dan Apotek Asri beralamat di Jalan
Rambutan.
48.
Cermati
kalimat berikut!
Tiga orang
karyawan perusahaan itu diPHK, karena mereka melakukan kesalahan.
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.
Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK
karena mereka melakukan kesalahan.
B.
|
Tiga
|
orang
|
karyawan
|
perusahaan
|
itu
|
di-PHK,
|
karena
|
mereka
|
melakukan
|
|
kesalahan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
Tiga
|
orang
|
karyawan
|
perusahaan
|
itu
|
di-PHK
|
karena
|
mereka
|
melakukan
|
|
kesalahan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
|
Tiga
|
orang
|
karyawan
|
perusahaan
|
itu,
|
di-PHK
|
karena
|
mereka
|
melakukan
|
|
kesalahan.
|
|
|
|
|
|
|
|
49.
Perhatikan kalimat berikut!
Kwantitas dan
kwalitas padi tahun ini diharapkan lebih baik daripada tahun kemarin.
Alasan
ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah …
A.
Kata kwantitas dan
kwalitas seharusnya ditulis kuantitas dan kualitas sesuai dengan
pedoman EYD.
B.
Kata diharapkan seharusnya ditulis di harapkan karena
di adalah sebuah awalan.
C.
Kata kwantitas dan
diharapkan seharusnya kuantitas dan di harapkan sesuai dengan
pedoman EYD.
D.
Kata diharapkan dan
daripada seharusnya ditulis di harapkan dan dari pada sesuai dengan
kebiasaan masyarakat saat menulis.
18
Harga novel
„Ayah‟ karya Andrea Hirata adalah Rp.100.000,00.
Alasan
ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena …
A.
Tanda apostrof („...‟)
seharusnya diganti garis bawah dan tanda titik (.)di belakang rupiah
dihilangkan saja karena tidak sesuai dengan pedoman EYD.
B.
Tanda apostrof („...‟)
diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda koma (,) pada jumlah uang dihilangkan
karena tidak bermakna.
C.
Tanda apostrof
dihilangkan dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai
dengan pedoman EYD.
D.
Tanda apostrof diganti
tanda petik dua (“...”) dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah
dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
0 comments:
Post a Comment